Total tambahan usulan untuk konektivitas ada sekitar 500 proyek baru dari 1.100 usulan. Kita lihat yang mana yang sudah siap, mana yang sudah reguler. Usulan yang sudah masuk dan kita setujui sekitar 590-an,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional telah menyetujui 509 proyek konektivitas infrastruktur dari 1.100 usulan yang termasuk dalam proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) hingga Juli 2013.

"Total tambahan usulan untuk konektivitas ada sekitar 500 proyek baru dari 1.100 usulan. Kita lihat yang mana yang sudah siap, mana yang sudah reguler. Usulan yang sudah masuk dan kita setujui sekitar 590-an," kata Wakil Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo usai Rapat Koordinasi MP3EI di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa.

Lukita menyebutkan nilai investasi 590 proyek konektivitas tersebut mencapai Rp1.700 triliun.

Dia mengatakan usulan tersebut dari berbagai koridor kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Usulannya banyak sekali dengan adanya MP3EI, mereka bersemangat, tapi kemudian kita lihat mana yang usulannya siap dan memberikan dampak besar karena dekat dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) atau kawasa strategis," tuturnya.

Dia mengatakan 590 proyek tersebut akan direvisi menjadi Peraturan Presiden (Perpres).

"Akan kita `screening` untuk masuk revisi Perpres," ucapnya.

Dia juga mengatakan proyek tersebut tidak perlu lagi melalui proses analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) karena sudah masuk KEK atau kawasan strategis per perusahaan.

"Itu kan untuk kawasan ekonomi. Untuk masing-masing industri tentu masih ada hal yang dipenuhi," ujarnya.

Namun, dia mengaku belum mengetahui berapa banyak tenaga kerja yang diserap lewat proyek tersebut.

  Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyebutkan jumlah proyek infrastruktur MP3EI yang telah divalidasi hingga Juli 2012 sebanyak 985 proyek dengan nilai investasi Rp2.304 triliun, sementara untuk sektor riil sebanyak 583 proyek senilai Rp2.177 triliun.

Namun, dia mengatakan realisasi investasi proyek yang tergabung dalam MP3EI sejak 2011 hingga Juli 2013 mencapai Rp647,46 triliun.
(J010/C004)

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013