Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Uzbekistan U-20 Nishonov Farkhod senantiasa memantau perkembangan sepak bola Indonesia, termasuk saat timnas berhasil menembus 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Uzbekistan U-20 sedang berada di Jakarta untuk menjalankan pertandingan ujicoba melawan timnas Indonesia U-20, yang rencananya akan berlangsung pada Selasa (30/1) di Stadion Madya, Jakarta.

“Tentu kami mengamati semua pertandingan sepak bola Indonesia. Apa yang kami lihat di Piala Asia adalah itu merupakan hasil yang bagus, kami juga melihat U-20 waktu melawan Uzbekistan. Itu adalah tim yang kuat, pada pertemuan terakhir kami memainkan pertandingan yang bagus. Dan saya rasa sepak bola Indonesia benar-benar telah berkembang,” kata Farkhod saat ditemui para pewarta di Lapangan Latihan A, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Timnas Indonesia U-20 bermain imbang 0-0 dengan timnas Uzbekistan U-20, pada pertandingan terakhir Grup G Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, Maret tahun lalu. Pada turnamen itu, timnas Uzbekistan berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya, sedangkan timnas U-20 yang saat itu diasuh pelatih Shin Tae-yong gagal menembus fase grup.

Baca juga: Indonesia tersingkir dari Piala Asia setelah imbang dengan Uzbekistan

Berstatus juara bertahan Piala Asia U-20, Farkhod menjelaskan bahwa timnya saat ini diperkuat oleh sebagian besar pemain tim Uzbekistan U-17, yang juga tampil pada Piala Dunia U-17 di Indonesia pada November tahun lalu.

“Tim ini berbeda (dengan yang menjuarai Piala Asia U-20), namun kami juga ingin memenangi Piala Asia U-20 yang selanjutnya. Tapi mayoritas anggota tim ini adalah pemain timnas U-17 yang main di Piala Dunia U-17 di Indonesia, maka para pemain kami ini sudah saling mengenal di tim U-17,” tutur pelatih muda itu.

Meski hanya bertajuk uji coba, Farkhod mengatakan bahwa ia tetap menuntut kemenangan dari tim asuhannya. Terlebih setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Thailand pada pertandingan uji coba sebelumnya.

“Persiapan kami sempurna. Kami senang dapat berada di sini. Setelah pertandingan pertama melawan Thailand, saya rasa itu adalah pertandingan yang bagus. Dan tim Thailand juga merupakan tim yang bagus,” ucap Farkhod.

“Kami menatap semua pertandingan dengan sama, kami datang untuk menang. Demikian juga saat melawan Indonesia, kami datang untuk menang,” tegasnya.

Baca juga: Uji coba Timnas U-20 dengan Uzbekistan mungkin dilakukan dua kali
Baca juga: Indra Sjafri akui tidak cari hasil di laga uji coba lawan Thailand U20


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024