Taman tematik dengan keberadaan Bus Jawara secara gratis, yang tak henti-hentinya, setiap harinya selalu dikunjungi ratusan pelajar dari berbagai sekolah. Hal ini juga mendorong daya tarik Kota Tangerang
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Banten menyebutkan sebanyak 12.135.278 wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata di kota itu selama tahun 2023.

Kepala Disbdupar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Selasa, mengatakan jumlah wisatawan ke tempat wisata selama tahun 2023 alami lonjakan sangat signifikan dibandingkan tahun 2022 yang tercatat 1.197.754 orang.

Ia mengatakan hal tersebut disebabkan karena sektor ekonomi di Indonesia, tak terkecuali Kota Tangerang, kian pulih, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal, bahkan meningkat.

Selain itu, menurut dia, banyak juga tempat wisata menarik di Kota Tangerang yang dapat dikunjungi masyarakat, seperti 17 taman tematik, wisata kuliner, wisata olahraga hingga festival seperti Digifest, Festival Al Azhom, Festival Cisadane, dan lainnya.

Baca juga: Ayo kunjungi wisata lokal di Kota Tangerang

“Taman tematik dengan keberadaan Bus Jawara secara gratis, yang tak henti-hentinya, setiap harinya selalu dikunjungi ratusan pelajar dari berbagai sekolah. Hal ini juga mendorong daya tarik Kota Tangerang,” kata Rizal dalam keterangannya.

Kemudian untuk jumlah tamu hotel dari dalam negeri sebanyak 1.211.852 orang, tamu hotel dari mancanegara sebanyak 255.498 orang. Jika diakumulasi dengan wisatawan ke tempat wisata maka jumlahnya mencapai 13.602.628 wisatawan.

Rizal mengatakan besarnya jumlah tamu hotel karena data angka hunian hotel di sekitar Bandara Soekarno Hatta juga cukup tinggi, yang disebabkan kembali diizinkannya umrah ke Tanah Suci.

Walaupun Kota Tangerang kerap dijadikan area transit, kata Rizal, hal tersebut tetap menjadi potensi guna mempromosikan tempat wisata Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak warga terlibat penamaan bus wisata 2.0
Baca juga: Cagar budaya Kota Tangerang jadi objek wisata

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024