Menjelang pemilu seperti sekarang ini, kami terus menggenjot perekaman e-KTP
Purwakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masih terus melakukan perekaman e-KTP terhadap ribuan pemilih pemula pada Pemilu 2024.

"Sampai sekarang masih ada ribuan pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purwakarta Muhamad Husni, di Purwakarta, Selasa.

Ia mengaku akan terus melakukan perekaman e-KTP terhadap para pemilih pemula agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu 14 Februari 2024.

Menurut dia, hingga saat ini terdapat sekitar 1.029.056 data wajib KTP di wilayah Purwakarta. Dari jumlah tersebut, sekitar 3.812 orang diantaranya belum melakukan perekaman e-KTP.

Baca juga: Disdukcapil sebut 20 ribu warga Serang belum miliki KTP elektronik

"Menjelang pemilu seperti sekarang ini, kami terus menggenjot perekaman e-KTP," katanya.

Mereka yang menjadi sasaran perekaman e-KTP saat ini ialah mereka yang tercatat sebagai pemilih pemula yang pada pemilu tahun ini berusia 17 tahun hingga tanggal 14 Februari 2024.

Ia mengaku akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengejar jumlah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Baca juga: Disdukcapil Bogor target 136.258 pemilih pemula buat KTP jelang Pemilu

Selain menambah jam kerja hingga hari Minggu, katanya, Disdukcapil Purwakarta juga "jemput bola" dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Purwakarta. Pihaknya menargetkan sebelum Pemilu 2024 pemilih pemula sudah memiliki e-KTP.

Ia mengatakan masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP bisa melakukan perekaman di setiap kantor kecamatan, termasuk di Mal Pelayanan Publik Bale Madukara.

“Tapi khusus di Kecamatan Purwakarta, masyarakat bisa datang ke Kantor Disdukcapil dan MPP Bale Madukara untuk melakukan perekaman e-KTP," katanya. 

Baca juga: Mahfud: Ada 20.000 masyarakat adat di hutan Kaltim tak miliki KTP
 
 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024