Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura bersama Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menggelar dialog bersama warga guna memastikan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 sukses.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphina Situmorang di Sentani, Selasa mengatakan dialog ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk ikut memilih pada 14 Februari 2024.

Dialog penyelenggaraan Pemilu Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten serta DPRK (jalur adat) berlangsung di Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Papua bersama unsur masyarakat adat, tokoh pemuda, perempuan.

“Suara kita sangat penting untuk menentukan nasib bangsa ini ke depan, sehingga setiap warga di Distrik Nimboran untuk tidak golput atau tetap memberikan suaranya di TPS,” katanya.

Menurut Elphina, selain pencoblosan Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten juga akan ada pengangkatan kursi adat atau DPRK kabupaten/kota.

“Khusus untuk DPRK, calonnya harus melalui Dewan Adat Suku (DAS) setempat, dengan figurnya yang bisa membawa aspirasi rakyat di wilayah adat tersebut,” ujarnya.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen mengatakan agar kepala-kepala distrik dan kepala kampung yang hadir, dapat kembali menyampaikan kepada warganya khususnya anak-anak muda agar tidak usah lagi mabuk-mabukan atau minum minuman beralkohol terutama menjelang Pemilu.

“Kenapa saya bisa katakan demikian, karena miras atau minuman keras itu bisa membuat situasi yang tadinya baik, bisa menjadi situasi jadi kacau dan saya tidak mau melihat lagi kejadian yang sudah pernah terjadi pada 1 Januari 2024 kemarin di Kampung Karya Bumi Besum itu terjadi di Genyem sini, ingat peristiwa yang sudah pernah terjadi menjadi pengalaman untuk kita semua,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri mengatakan terkait prosedur tahapan-tahapan Pemilu 2024 dan sangat mengapresiasi pihak pemerintah daerah serta Kapolres Jayapura yang selama ini mendampingi KPU untuk sosialisasi.

“Kami dari pihak KPU Kabupaten Jayapura menyampaikan bahwa apa yang sudah kami percayakan kepada masing-masing perwakilan dari distrik yang sudah menerima pembekalan tentang tata cara pelaksana pemilihan serentak dan tata cara pengisian hasil surat suara supaya bisa meneruskannya ke masyarakat tempatnya bertugas (TPS),” ujarnya.

Hadir dalam dialog tersebut diantaranya Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphina Situmorang,.Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri, Kepala Distrik Nimboran Rahmat Marimbun, Ketua-ketua Panwas se-Distrik Wilayah Pembangunan III Kabupaten Jayapura, Ketua DAS Demutru Namblong Yosep Hembring,Para Kepala-Kepala Distrik se Wilayah Pembangunan III Dapil IV Kabupaten Jayapura, para Kepala Kampung se-Wilayah Pembangunan III Kabupaten Jayapura serta simpatisan masyarakat kurang lebih 80 orang.
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024