Kota Bandung (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menekankan bahwa media memiliki peran penting dalam diseminasi informasi terhadap pemberitaan luar negeri.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Hartyo Harkomoyo mengatakan peran media memiliki kekuatan besar dalam membentuk persepsi publik tentang kebijakan atau kegiatan suatu negara.

“Media itu memiliki peran yang sangat besar bagi Kementerian Luar Negeri, bahkan mitra yang penting terutama dalam turut menyebarkan informasi kepada publik di dalam negeri,” kata Hartyo saat berkunjung ke Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Barat di Bandung, Selasa.

Menurut dia, dengan pemberitaan positif dari berbagai media di Indonesia, Kemlu dapat memperluas jangkauan pesan-pesan diplomasi, memperkuat hubungan bilateral dan multilateral antarnegara serta mempromosikan kepentingan nasional di tingkat global.

“Media memberikan citra yang positif bagi Indonesia karena dengan adanya berita positif, maka bisa menggerakkan kerja sama di berbagai macam sektor,” katanya.

Dia mengatakan media dan jurnalis juga berperan untuk dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai isu-isu politik luar negeri yang kompleks.

Baca juga: Otorita IKN menjalin kolaborasi dengan Kantor Berita ANTARA

Baca juga: Dirut ANTARA jadi pembicara konferensi haji internasional di Jeddah

Baca juga: Jamkrida Jabar umumkan kerjasama dengan LKBN Antara


“Bahwa media saat ini sudah memandang politik luar negeri sebagai isu yang penting dan juga pemahamannya menjadi semakin meningkat,” kata dia.

Lebih lanjut Hartyo juga mengapresiasi peranan Perum LKBN ANTARA yang memiliki jangkauan luas dan kredibilitas yang baik, sehingga informasi yang disampaikan oleh Kemlu dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat Indonesia.

“ANTARA pastinya menjadi rujukan. Jadi kalau kita melihat dari rilis-rilis yang kita keluarkan tentunya begitu satu rilis diangkat ke ANTARA, itu cakupannya menjadi lebih besar karena dikutip oleh berbagai macam media juga,” kata Hartyo.

Selain itu, lanjut dia, untuk memberikan apresiasi terhadap insan pers yang aktif dalam menyebarkan berita-berita terkait diplomasi Indonesia, Kemlu memberikan penghargaan dalam ajang Adam Malik Awards yang digelar rutin setiap tahun.

“Penghargaan ini untuk mengapresiasi bahwa peran media itu besar dan ini menjadi pemicu yang positif bagi jurnalis untuk juga turut menginisiasi hal yang positif mengenai politik luar negeri,” katanya.

Baca juga: ANTARA Bali pamerkan 86 foto jurnalistik Rwa Bhineda

Baca juga: LKBN ANTARA terima penghargaan apresiasi media dari MIND ID


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024