Jakarta (ANTARA) - Guna mendukung kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), BRI menggelar Program Dagang Untung Belanja Untung (DUBU) untuk pedagang dan pengunjung Pasar Tanah Abang Blok B. Program yang berlangsung dari Maret hingga Desember 2023 itu merupakan sebuah inisiatif unik yang dirancang untuk mempromosikan praktik pembayaran digital di antara pedagang dan pengunjung pasar dengan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS BRI.

Program DUBU menggunakan sistem undian berbasis poin, di mana para pedagang dan pengunjung pasar diberikan kesempatan untuk mengumpulkan poin selama periode program. Bagi para pedagang, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan EDC BRI dan QRIS BRI akan menghasilkan poin undian. Sementara itu, pengunjung yang bertransaksi dengan Kartu Kredit BRI, Debit BRI dan QRIS BRI juga dapat mengumpulkan poin.

Program DUBU menawarkan berbagai hadiah menarik. Pedagang berkesempatan untuk memenangkan hadiah, yakni 1 unit mobil Hyundai Stargazer, 6 unit sepeda motor Honda Vario, 15 logam emas masing-masing seberat 10 gram, 30 logam emas masing-masing seberat 5 gram, dan 75 hadiah hiburan yang menggunakan EDC BRI dan QRIS BRI sebagai metode penerimaan transaksi yang utama.

Baca juga: Transaksi Pakai BRImo, 15 Nasabah Ini Menangkan Mobil Listrik Keren!

Di sisi lain, pengunjung berpeluang mendapatkan 1 unit mobil Avanza, 3 unit sepeda motor Vario, 15 logam emas masing-masing seberat 5 gram, 75 hadiah hiburan dan promo menarik lainnya. Pengumuman pemenang dilakukan dalam tiga tahap, yakni Juni 2023 (Tahap I), Oktober 2023 (Tahap II), dan Desember 2023 (Tahap III).
 
Untung pakai EDC BRI & QRIS BRI, pedagang dan pembeli bawa pulang hadiah mobil. (ANTARA/HO-BRI)


Acara puncak dari Program DUBU berlangsung pada 29 Januari 2024 di Pasar Tanah Abang Blok B, dengan diisi berbagai hiburan dan permainan berhadiah. Dua pemenang utama tahun ini adalah Minarti, seorang pengunjung yang memenangkan Toyota Avanza, dan Luciana, pemilik Toko Fullman, yang membawa pulang Hyundai Stargazer. Adapun data selengkapnya pengunjung dan pedagang yang beruntung dapat diakses di sini.

Baca juga: Langkah Mudah jadi Investor SBN Ritel Pakai BRImo

Program DUBU telah berhasil menciptakan animo yang besar di kalangan pedagang dan pengunjung Pasar Tanah Abang, mempromosikan ekosistem pembayaran non tunai yang berkelanjutan. Langkah ini sejalan dengan inisiatif pemerintah untuk mewujudkan masyarakat non tunai.

Sebagai informasi, Super Appss Digital Banking milik BRI, BRImo, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Dengan peningkatan pengguna rata-rata lebih dari 1 juta per bulan, jumlah pengguna BRImo mencapai lebih dari 31,6 juta pada 31 Desember 2023.

Jumlah transaksi finansial melalui aplikasi ini pada periode yang sama mencapai 3,08 miliar, meningkat 71,42 persen year-on-year, dengan nilai transaksi mencapai Rp4,158 triliun. Pendapatan transaksi melalui BRImo juga tumbuh 72,52 persen year-on-year, mencapai Rp2,432 triliun.

Program DUBU dan pertumbuhan BRImo menegaskan komitmen BRI dalam mendukung UMKM dan transisi ke ekonomi digital. Inisiatif seperti ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi langsung kepada komunitas lokal tetapi juga memainkan peran penting dalam mendorong perubahan sosial menuju masyarakat yang lebih maju secara digital.

Baca juga: Ambil kesempatan investasi mudah dan praktis dengan BRImo

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024