Semoga wacana itu bisa terlaksana, mari menunggu pemerintahan yang baru.
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu siap mendukung penuh wacana pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lampung benar-benar direalisasikan oleh pemerintah pusat.
 
"Bengkulu belum dapat kabar. Tapi kalau memang terjadi, maka akan ada dua alternatif tol ke Bengkulu yaitu dari Linggau sampai Bengkulu, dan dari Lampung melalui Tanggamus, Krui, Kaur menuju Bengkulu," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, di Bengkulu, Selasa.
 
Dia mengatakan realisasi tol yang menyusuri pesisir barat Pantai Sumatera di Lampung dan Bengkulu itu akan sangat membuka akses ke Bengkulu, termasuk sektor perekonomian baru di Bengkulu.
 
"Semoga wacana itu bisa terlaksana, mari menunggu pemerintahan yang baru," kata Tejo.
 
Menurut dia, kalau melihat dari sisi ekonomi, maka pembangunan tol di pesisir barat Pulau Sumatera akan mengakselerasi perekonomian wilayah Sumatera yang berada di pesisir barat.
 
Keberadaan tol tersebut juga akan menghidupkan Jalur Lintas Barat Sumatera yang bisa dikatakan saat ini seakan "mati suri" akibat jalur tersebut tidak efisien dari sisi waktu dan biaya operasional transportasi.
 
Dengan adanya tol yang tentunya tersambung dengan Jalur Lintas Barat Sumatera nantinya akan memperpendek akses dan biaya operasional transportasi, yang artinya akan menghidupkan kembali jalur lintas barat.
 
"(Untuk tol itu) mungkin kalau secara ekonomi (akan menguntungkan Bengkulu, meningkatkan perekonomian), tapi untuk biaya pasti sangat besar cost-nya. Kami dari provinsi hanya menunggu seperti apa kelanjutannya," kata Tejo pula.
 
Pemprov Bengkulu, kata dia lagi, akan memberikan dukungan ketika pemerintah pusat memutuskan untuk membangun tol penghubung Lampung menuju provinsi tanah kelahiran ibu negara pertama Fatmawati Soekarno itu.
 
"Yang pasti kalau memang kebutuhan pembebasan lahan segala macam, selama ini kan Bengkulu menjadi provinsi yang tercepat untuk pembebasan lahan tol," ujarnya lagi.
Baca juga: HK: Sebanyak 28.826 kendaraan gunakan Tol Bengkulu pada libur panjang
Baca juga: Menunggu tol Bengkulu-Palembang, penghubung strategis Pulau Sumatera

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024