Samarinda (ANTARA) - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur meraih penghargaan berupa ASEAN Clean Tourist City Award dalam ASEAN Tourism Awards Tahun 2024 digelar di Vientiane, Laos.

"Melalui penghargaan ini kami berharap memberikan nilai kepercayaan terhadap destinasi yang ada di Kota Balikpapan sehingga semakin diminati oleh para wisatawan, baik dalam dan luar negeri," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Ririn Sari Dewi di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pariwisata.

Ia menjelaskan ASEAN Tourism Awards yang inisiatif negara-negara anggota ASEAN itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya para pelaku pariwisata dalam menciptakan destinasi wisata unggul dan berkualitas.

"Melalui penghargaan itu diharapkan visi ASEAN sebagai destinasi tunggal dapat segera terwujud," katanya.

Ririn menjelaskan penghargaan ini terbagi dalam lima kategori, di antaranya ASEAN Sustainable Tourism Award, ASEAN Green Hotel Award, dan ASEAN MICE Venue Award.

Baca juga: Sumbar terima penghargaan Kemenparekraf terkait pariwisata halal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan prestasi ini bukti bahwa promosi sektor pariwisata Indonesia semakin global.

“Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat senang menerima penghargaan di ASEAN Tourism Awards 2024. Indonesia selalu menjadi negara yang dinamis dan berbudaya dengan banyak destinasi indah, dan ini semakin mengukuhkan sekaligus mengangkat nama Indonesia sebagai salah satu pilihan terbaik di kawasan ASEAN,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Kota Balikpapan Ratih Kusuma menyampaikan bangga dan terima kasih kepada seluruh warga sehingga daerah itu meraih penghargaan tersebut.

“Selamat kepada seluruh warga Balikpapan atas prestasi gemilang dalam meraih penghargaan ASEAN Tourism Awards 2024 di kategori ASEAN Clean Tourist City Award yang diselenggarakan di Vientiane, Laos. Teruslah menjaga kebersihan dan keindahan Balikpapan, sehingga tetap menjadi destinasi yang ramah lingkungan dan memukau bagi para wisatawan," katanya.

Pemenang ASEAN Tourism Awards 2024, meliputi kategori ASEAN Sustainable Tourism Award, yakni Ubud Gastronomy, Bali (Rural Product Category), yakni Singkong Village, Salatiga (Winning Urban Category). Kategori ASEAN Clean Tourist City Award, yakni Surabaya dan Balikpapan.

Kategori ASEAN Green Hotel Award, yakni Safari Resort, Bogor, Nihi Sumba, NTT, 101 Bali Fontana Seminyak, Capella Ubud, Bali, Plataran Menjangan, Bali, sedangkan kategori ASEAN MICE Venue Award, yakni Hotel JW Marriott Jakarta (Dua Mutiara Ballroom) (Meeting Room Category), Hotel Ritz Carlton Jakarta Kuningan (The Ritz-Carlton Grand Ballroom) (Meeting Room Category).

Baca juga: Indonesia raih penghargaan utama dari Festival Film Pariwisata Jepang
Baca juga: "Homestay" desa wisata Aceh raih penghargaan ASEAN Tourism 2023
Baca juga: Raja Ampat raih penghargaan dari media global pariwisata AS

Pewarta: Arumanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024