Beijing (ANTARA) - China telah membuat pencapaian baru dalam penerbitan jurnal-jurnal ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) terkemuka di dunia, menurut Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China (China Association for Science and Technology/CAST).

Jumlah jurnal China yang berada di peringkat 5 persen teratas dan 25 persen teratas dalam peringkat internasional untuk berbagai disiplin ilmu telah meningkat masing-masing 5,6 kali dan 1,8 kali lipat, sejak implementasi rencana aksi untuk penerbitan jurnal iptek terkemuka di dunia.

Pada 2019, China menerbitkan pedoman untuk mendorong reformasi jurnal iptek di negara itu dan membina jurnal iptek terkemuka di dunia, sembari meluncurkan rencana aksi lima tahun untuk mendukung dan mengembangkan jurnal iptek.

Total 50 bidang klasifikasi jurnal iptek dalam dan luar negeri telah diselesaikan sejak implementasi rencana aksi tersebut, kata CAST.

Dengan target untuk menjadi pemimpin dalam bidang iptek, China telah menerbitkan sejumlah jurnal baru dengan titik awal yang tinggi.

Negara itu juga telah mendorong pembukaan publikasi jurnal berbahasa Mandarin dan berbagi data ilmiah ke seluruh dunia.

CAST mengatakan bahwa pihaknya akan mempercepat penerbitan jurnal-jurnal iptek terkemuka di dunia serta mempromosikan digitalisasi dan pemasaran jurnal-jurnal iptek pada 2024. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024