Jakarta (ANTARA/JACX) – Isu Menteri Keuangan, Sri Mulyani mundur dari kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Keuangan beredar di media sosial akhir-akhir ini.

Dalam beberapa cuitan menyebut Sri Mulyani mundur karena kontroversi pencalonan Gibran sebagai cawapres.

Namun, pada 20 Januari muncul sebuah unggahan video yang diklaim merupakan video mundurnya Sri Mulyani dari jabatan Menkeu.

Berikut narasi dalam unggahan video tersebut:

“Mengejutkan!, Beda Pilihan Dengan Presiden Sri Mulyani Mundur Dari Kabinet!”

Namun, benarkah video Sri Mulyani resmi mundur dari Menkeu tersebut?

 

Unggahan misinformasi yang menarasikan video Sri Mulyani resmi mundur dari Menkeu pada akhir Januari 2024. Faktanya, video tersebut merupakan mundurnya Sri Mulyani pada tahun 2010. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan video ketika Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan kepada seluruh anggota DPR setelah memutuskan mundur sebagai Menteri Keuangan di kabinet Indonesia Bersatu II era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Video tersebut serupa dengan unggahan YouTube MetroTV yang berjudul “Momen Sri Mulyani Mengakhiri Masa Jabatannya dalam Rapat Paripurna Dok. 2010”. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab soal isu dirinya yang siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju di Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Ini kerja. Saya bekerja, saya bekerja," jawab Sri Mulyani singkat saat ditemui usai menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta, dilansir dari ANTARA.

Klaim: Video Sri Mulyani resmi mundur dari Menkeu pada akhir Januari 2024

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Sri Mulyani sebut biaya negara habis untuk membiayai kampanye Prabowo-Gibran

Cek fakta: Hoaks! Jokowi pecat 64 menteri karena pencucian uang

Baca juga: Sri Mulyani: Rasio utang pemerintah turun pada 2023

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024