Jakarta (ANTARA) - Makanan super, kaya akan nutrisi penting, antioksidan, dan khasiat alami yang menakjubkan bagi kulit, paling baik digunakan untuk mengatasi segala hal mulai dari hidrasi hingga peradangan, penuaan, dan warna kulit tidak merata yang mengganggu.
 
Pendiri LA MIOR Aakriti Jayant Chhaparia, mencontohkan beberapa buah memiliki kekuatan spesialnya masing-masing seperti yang menghidrasi dari alpukat, khasiat anti-penuaan blueberry, atau kemampuan kunyit dalam melawan peradangan.
 
"Hal yang membuat makanan super sangat bermanfaat dalam rutinitas perawatan kulit adalah keserbagunaannya dan kompatibilitasnya dengan berbagai jenis kulit. Memasukkan makanan super ini ke dalam rutinitas perawatan kulit dalam berbagai bentuk, seperti masker, serum, atau pengobatan alami, dapat meningkatkan rutinitas perawatan kulit seseorang, sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya," katanya seperti dikutip laman Hindustan Times, Kamis.

Baca juga: Tempe disebut "makanan super" karena kandungan prebiotik dan probiotik
 
Chhaparia menjelaskan, alpukat dengan kandungan lemak dan vitamin sehatnya yang berlimpah, menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit, menjadikannya ideal untuk jenis kulit kering atau dehidrasi. Selain itu ada lidah buaya yang dikenal karena khasiatnya yang menenangkan, secara efektif menenangkan iritasi dan peradangan, menjadikannya bahan yang tepat untuk kulit sensitif atau rusak akibat sinar matahari.
 
Secara eksotik, blueberry dikemas dengan antioksidan, melawan radikal bebas, memberikan perlindungan terhadap kerusakan lingkungan dan membuat kulit awet muda yang cocok untuk semua jenis kulit.
 
Sementara kunyit yang tersedia di pasaran terkenal dengan khasiat anti-inflamasinya, serta meredakan kemerahan dan jerawat, sehingga bermanfaat untuk kulit berminyak atau rentan berjerawat.
 
"Terakhir, minyak rosehip, kaya akan vitamin A dan C, membantu mengurangi bekas luka, garis-garis halus dan warna kulit tidak merata, cocok bagi mereka yang mencari peremajaan dan perbaikan kulit, apa pun jenis kulitnya," tambahnya.

Baca juga: Makanan super untuk tingkatkan energi
 
Harshita Rai, pendiri The Skin Diet Company juga merekomendasikan bahan lain yaitu delima, yang kaya akan antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, membuat kulit tampak awet muda dan meningkatkan elastisitas.
 
Biji Chia yang sedang tren terkini dikemas dengan asam lemak omega-3 yang memberikan hidrasi intens dan mendukung pelindung kulit, sempurna untuk menjaga keseimbangan kelembapan.
 
Terakhir, sifat menenangkan dan melindungi teh hijau menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengurangi peradangan, melawan jerawat, dan memberikan perlindungan ringan terhadap sinar matahari.
 
Makanan super ini berfungsi sebagai solusi holistik, memenuhi berbagai kebutuhan perawatan kulit sekaligus mendukung kompatibilitas dengan jenis kulit yang berbeda.

Baca juga: 13 makanan yang wajib dikonsumsi wanita

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024