Tangerang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menargetkan tahap distribusi logistik 12 juta lembar surat suara pemilu 2024 akan selesai dalam waktu sepekan.

"Target pendistribusian sekitar tanggal 4-5 Februari 2024 sudah selesai, kita dorong ke semua PPK," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan proses pendistribusian logistik di wilayah Kabupaten Tangerang mengikuti penetapan jadwal KPU RI, yakni waktu penyaluran di tingkat kecamatan harus selesai selama 12-15 hari.

Selain itu, pada proses penyaluran tersebut dilakukan dengan dua tahapan yakni pendistribusian logistik di luar kotak dan di dalam kotak.

Adapun seluruh logistik yang di luar kotak seperti tinta, segel, kotak suara, bilik suara, dan berbagai formulir lainnya secara bertahap telah diserahkan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Alhamdulillah sesuai target per tanggal 22 Januari lalu sudah 100 persen logistik di luar kotak kita dorong ke PPK di setiap kecamatan," katanya.

Sementara, untuk logistik di dalam kotak suara seperti surat suara DPRD, DPR RI, DPD RI serta surat suara calon presiden dan wakil presiden dengan total keseluruhan sebanyak 12 juta lembar secara bertahap sudah mulai didorong ke masing-masing PPK.

"Sampai sekarang masih proses distribusi secara bertahap, dan saat ini sedang pengepakan. Ada lima kecamatan dan sekarang kita akan kembali dorong ke dua kecamatan yaitu Balaraja dan Cisoka," ungkapnya.

Saat mendekati hari pencoblosan, kata dia, seluruh logistik itu harus sudah berada pada tempat pemungutan suara (TPS) yaitu sebanyak 9.016 yang tersebar pada 274 desa/kelurahan.

Untuk memastikan keamanan logistik pada pelaksanaan pemilu, kata dia, KPU Kabupaten Tangerang melibatkan beberapa unsur petugas keamanan dari TNI/Polri dan pemerintah daerah sebagai mengawal pendistribusian logistik tersebut.

Kemudian, pihaknya juga telah memetakan lokasi tempat pemungutan suara yang dianggap rawan terjadinya bencana, khususnya banjir saat pelaksanaan pemilu 2024.

"Sebelumnya kita sudah inventarisir beberapa TPS rawan banjir, sekarang baru kita data yaitu wilayah Kecamatan Pasar Kemis. Dan kami pun sudah menginformasikan ke teman-teman KPPS," ujarnya.

KPU Kabupaten Tangerang telah menetapkan daftar pemilih tetap berkelanjutan yang diperbarui sebanyak 2.353.825 jiwa, dengan rincian 1.188.969 orang pemilih laki-laki dan 1.164.856 orang pemilih perempuan.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024