Selain meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu, kami juga ingin lebih banyak orang yang belanja
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan menggelar pesta diskon bertajuk Klingking Fun di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 14 Februari saat hari pencoblosan Pemilu 2024 guna mengurangi jumlah pemilih golongan putih (golput) sekaligus meningkatkan belanja masyarakat.

Ketua Umum Apindo, Shinta W. Kamdani, mengatakan bahwa program pesta diskon serupa juga pernah dilaksanakan saat Pemilu 2019. Menurut dia, program tersebut cukup berhasil menurunkan persentase golput di Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pemilih golput dalam Pemilu 2019 sebanyak 34,75 juta orang atau sekitar 18,02 persen dari total pemilih yang terdaftar. Jumlah ini menurun dibandingkan Pemilu 2014, ketika jumlah pemilih golput mencapai 58,61 juta orang atau 30,2 persen.

"Selain meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu, kami juga ingin lebih banyak orang yang belanja. Banyak lalu lintas belanja ke pusat-pusat perbelanjaan," ucap Shinta dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Ketua Panitia Program Klingking Fun 2024, Fetty Kwartati, menyebut pesta diskon anti golput ini akan digelar di semua pusat perbelanjaan atau mall di seluruh Indonesia.

Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) mencatat Klingking Fun 2019 diadakan di 80 ribu gerai yang tersebar di sekitar 400 mall di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua. Saat itu, kata Fetty, transaksi di beberapa gerai meningkat drastis, yaitu hingga 10 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

"Pada edisi 2019, transaksi pada hari itu dibanding hari-hari sebelumnya ada yang naik 10 kali lipat terutama pada sektor makanan dan minuman. Kami berharap target tahun ini bisa sama seperti tahun 2019, naik 3 kali sampai 10 kali lipat," kata Fetty.

Program bertajuk "Pesta diskon anti golput" itu merupakan hasil kerja sama antara Apindo, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), dan Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI).

Fetty menyebut program ini akan diikuti oleh semua kategori, mulai dari makanan dan minuman, fesyen, department store, hingga supermarket.

Untuk bisa mendapatkan diskon saat pemilu, calon pembeli cukup menunjukkan jari klingking yang telah diberi tinta ungu, tanda telah mencoblos.

Fetty menyebut diskon yang akan diberikan bervariasi karena pihaknya memberikan kebebasan kepada pengusaha untuk menentukan diskonnya. Diskon bisa saja berupa diskon tambahan 14 persen, 10 persen, atau promo beli 1 gratis 1.

Baca juga: Apindo sebut bansos penting untuk tingkatkan daya beli masyarakat
Baca juga: APINDO berupaya atasi kesenjangan pendidikan & kebutuhan tenaga kerja

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024