Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI Untuk Bulgaria Merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menyabet penghargaan Happiness Award kategori Penggerak Zakat dari Rumah Zakat Indonesia.

Penghargaan itu diberikan kepada Dubes Iwan pada acara Public Expose Rumah Zakat Tahun 2024 dan Peluncuran Gerakan Bersama Wujudkan #Manfaat Hebat di Jakarta pada Kamis.

"Terima kasih atas penganugerahan Happiness Award oleh Rumah Zakat. Penghargaan ini merupakan refleksi perjuangan dan kebanggaan kita, bangsa Indonesia untuk mengangkat citra produk halal Indonesia di luar negeri," kata Dubes Iwan dalam siaran pers KBRI Sofia diterima di Jakarta, Kamis.

Dubes Iwan menuturkan, penghargaan tersebut merupakan kebanggaan bersama seluruh staf KBRI Sofia, para shareholder (pemegang saham) dan stakeholder (pemangku kepentingan) yang telah mendukung dan menyukseskan program Rendang Goes to Europe dalam menggaungkan produk Halal Indonesia di pasar dunia.

"Alhamdulillah, dalam tahun pertama saya mengemban tugas sebagai Duta Besar, pada 2021, kami berhasil meluncurkan program Rendang Goes to Europe, bekerja sama dengan salah satu perusahaan one stop service (pelayanan satu atap) terbesar di negeri Balkan, Bella Group Bulgaria, mendirikan pabrik khusus rendang, menggunakan label halal dari Turki," katanya.

Menurut dubes, pasar produk halal tidak hanya dinikmati umat muslim pada umumnya, namun nonmuslim juga melihat produk halal sebagai produk yang dijamin higienis, mutu dan kualitasnya.

“Produk berlabel halal di luar negeri, memiliki high value secara ekonomi, bukan terbilang produk biasa, namun produk dengan kualitas dan segmen pasar tersendiri”, katanya.

Kontrol label halal mampu memberikan high value dari kualitas produk, sehingga harga produk halal terkadang sedikit lebih mahal dibanding produk biasanya karena dianggap sebagai high end product.

Dubes Iwan juga berharap dan meyakini dengan ragam produk halal Indonesia, Indonesia mampu menjadi perintis dalam penggerak produk halal dunia.

Terkait penghargaan, Kategori penggerak zakat diberikan kepada seseorang yang memiliki kontribusi aktif terhadap pengembangan dan pembangunan ekonomi Indonesia berbasis syariah.

Selain aktif berkontribusi sebagai donatur dan penggerak kebermanfaatan umat, Dubes Iwan juga dianggap sebagai salah satu penggerak aktif dalam memperjuangkan produk Halal Indonesia di luar negeri misalnya dengan mendirikan pabrik rendang halal di Bulgaria, seperti dikutip.

Tahun 2023 Rumah Zakat genap berusia 25 tahun. Bersama para donatur, Rumah Zakat telah menyalurkan kebahagiaan kepada 46,7 juta penerima manfaat dan sudah memiliki 1.732 desa berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rumah Zakat telah menerima berbagai penghargaan nasional maupun global, di antaranya, Indonesia Customer Eperience Awards 2023 Kategori ZIS, Lembaga Pendamping Kewirausahaan Terbaik Program KUA, serta Pemberdayaan Ekonomi Umat oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf pada 2023.

Baca juga: Dubes Iwan fasilitasi rencana investasi Bulgaria di IKN
Baca juga: Perusahaan Bulgaria, Indonesia tandatangani MoU dagang dan investasi

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024