Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman akan memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, sebagai bentuk dukungan dan sosialisasi ibu kota masa depan Indonesia itu.

Hal itu disampaikan Marciano saat menerima kunjungan Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin Daeng bersama Staf Ahli Kepala OIKN Adipati dan jajaran staf di kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta, Kamis.

"Kita semua bertanggung jawab untuk sosialisasikan IKN dan saya yakin saat Opening Ceremony di Aceh, kita bisa fasilitasi, satu kontingen IKN pada defile, itu jadi kejutan," ujar Marciano dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, OIKN juga berkonsultasi dengan KONI Pusat terkait organisasi yang akan bekerja membina olahraga di IKN.

KONI Pusat menyambut baik semangat IKN yang dibangun Presiden Joko Widodo dengan memberikan atensi terhadap berbagai aspek, termasuk olahraga.

"IKN membangun sebuah kota, bukan memindahkan kota, tentu ada manusia yang harus dibangun," ujar Alimuddin.

Baca juga: Presiden sebut pembangunan Training Center di IKN sudah 20 persen 

Menurut Alimuddin, olahraga penting untuk dikembangkan karena bukan sebatas kegiatan untuk kebugaran serta kesehatan namun juga pembentukan karakter bangsa, hingga memberikan dampak perekonomian melalui sport industry dan sport tourism.

Selain itu, olahraga juga dapat mempersatukan masyarakat IKN yang heterogen sebagai satu kesatuan.

Tak ketinggalan, dibahas juga tentang rencana sport center di IKN. Harapannya, olahraga akan menjadi rutinitas dan kebiasaan warga IKN, yang di antaranya melahirkan atlet berprestasi.

Ke depan, IKN yang merupakan daerah khusus, akan memiliki KONI tersendiri. Pemimpin otorita, yang setingkat menteri dengan fungsi Pemda, dan KONI Pusat berencana untuk membahas KONI IKN setelah PON XXI 2024 Aceh-Sumut berakhir.

Upacara pembukaan PON XXI/2024 akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian pada saat upacara penutupan PON XXI/2024 di Sumut, disediakan sesi khusus untuk penampilan IKN.

Berikutnya, pada PON XXII/2028 NTB-NTT, IKN ditargetkan turut serta menjadi salah satu kontingen.

Baca juga: Erick: FIFA kucurkan Rp85,6 miliar bangun National Training Center IKN

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024