membawa sekitar 2.030 penumpang yang mayoritas berasal dari Jerman
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - ​​​​Kapal pesiar Aida Bellla bersandar di Pelabuhan Gilimas Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan membawa ribuan wisatawan.

“Kapal pesiar Aida Bella yang bersandar ini membawa sekitar 2.030 penumpang yang mayoritas berasal dari Jerman,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat, Irman Sumantri di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan sebanyak 830 penumpang dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Lombok seperti Narmada, Lingsar, Sesela, Senggigi, Mataram hingga ke Gili Air dan Gili Trawangan.

"Itu jumlah tamu kapal pesiar yang dikelola langsung oleh Bidy Tour selaku operator tur resmi, wisatawan itu berwisata dibagi dalam 27 bus," katanya.

Baca juga: Sembilan kapal pesiar siap bawa turis asing berwisata ke Lombok
Baca juga: 600 turis asing penumpang kapal pesiar berwisata dan belanja di Lombok

 

Kemudian untuk sisa penumpang lainnya itu mereka ada yang memilih hanya berbelanja di pelabuhan, ada juga yang pakai pemandu wisata lainnya untuk berkeliling dengan mobil sesuai keinginan wisatawan.

“Sejumlah wisatawan juga terlihat ada yang memilih untuk berwisata keliling gili-gili (pulau kecil, red) yang ada di Sekotong menggunakan perahu,” katanya.

Munawir, salah satu penyedia jasa angkutan perahu mengaku gembira mendapat tumpangan dari wisatawan kapal pesiar yang datang hari ini.

"Alhamdulillah teman-teman guide ada yang bawa tamu yang mau diajak berwisata keliling gili, kebetulan saya dapat keluarga dari Jerman empat orang, mereka mau ke Gili Nanggu, Gili Kedis dan Gili Sudak," katanya.

Tidak hanya Munawir, di waktu yang sama sejumlah penyedia jasa angkutan perahu lainnya juga mendapat penumpang dari tamu kapal pesiar.

"Sejauh ini sekitar sepuluh perahu yang siap jalan buat mengantar wisatawan ke gili," katanya.

Baca juga: Pelindo konfirmasi kunjungan 107 kapal pesiar pada tahun 2024
Baca juga: Enam kapal pesiar dijadwalkan bersandar di Pulau Weh Sabang pada 2024
Baca juga: 52 kapal pesiar masuk daftar sandar 2024 di Pelabuhan Benoa Bali


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024