Labuan Bajo (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) melayani sebanyak 15 kapal pesiar selama Januari-Maret 2024.
 
"Tercatat sebanyak 11.912 penumpang Warga Negara Asing (WNA) tiba di Pulau Komodo dan Pulau Rinca menggunakan kapal pesiar tersebut," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo Oktavianus Malisan dalam keterangan yang diterima, Sabtu (16/3/2024).
 
Oktavianus menjelaskan belasan kapal pesiar itu membawa serta sebanyak 6.865 orang awak kapal.
 
Oktavianus menambahkan kapal-kapal pesiar tersebut kebanyakan datang dari negara Australia diikuti Timor Leste, Papua Nugini (PNG) dan Malaysia.
 
“Ini merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya bagi masyarakat Labuan Bajo” katanya.
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI​​​​​​ Labuan Bajo menjelaskan Kantor Imigrasi Labuan Bajo memiliki Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Laut sehingga bertugas melaksanakan pemeriksaan keimigrasian (Immigration Clearance) terhadap seluruh penumpang dan awak kapal pesiar yang datang di Labuan Bajo.
 
“Untuk memudahkan penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Labuan Bajo Kantor Imigrasi Labuan Bajo juga melakukan pemeriksaan langsung di atas kapal," katanya.
 
Pemeriksaan langsung di atas kapal, lanjut dia, yakni melalui program Immigration On Shipping sehingga akan mempersingkat waktu dan memangkas antrean pada area kedatangan pelabuhan," katanya.

Baca juga: BPOLBF-Bandara Komodo kolaborasi konten promosi wisata
Baca juga: Otorita ajak investor lokal bangun Parapuar Labuan Bajo

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024