Tokyo (ANTARA News) - Perusahaan raksasa ponsel Jepang NTT Docomo berencana menjual iPhone, beberapa hari menjelang peluncuran produk terbaru Apple untuk ponsel pintar populer ini.

NTT Docomo tengah berada pada tahap akhir negosiasi dengan Apple setelah kehilangan jutaan pelanggan dari pesaing domestiknya yang bersiap menyalipnya di Jepang, lapor harian bisnis terkemuka Nikkei seperti dikutip AFP.

Docomo akan mulai menjual iPhone paling awal 20 September nanti, lapor harian Jepang lainnya, Asahi.

Perusahaan gadget Jepang ini berusaha membalikkan tahun-tahun penuh kerugian mereka di tengah melonjaknya popularitas iPhone, yang turut memacu pertumbuhan usaha dua pesaingnya KDDI dan SoftBank.

Docomo yang menguasai sekitar 42 persen pangsa pasar, kehilangan lebih dari 3,5 juta pelanggannya sejak 2008 sejak SoftBank menjual iPhone di Jepang.

Apple sendiri sedang berjuang meraih kembali pangsa pasarnya dari Samsung yang dengan Galaxy-nya kini mendominasi sektor ponsel pintar yang bernilai miliaran dolar AS itu.

Apple bahkan kini membidik China dengan mengadakan satu acara istimewa di Beijing sehari sebelum peluncuran iPhone terbaru di San Francisco. Beredar kabar Apple sepakat mensuplai iPhone lewat China Mobile yang adalah perusahaan penjual gadget terbesar di dunia.

Kabar penjualan iPhone ini membuat saham Docomo naik 0,62 persen, sedangkan penguasaan pasar dunia oleh Apple di sektor ini jatuh14,2 persen pada kuartal kedua silam.  Sebaliknya, Samsung naik 31,7 persen, demikian AFP mengutip perusahaan teknologi AS, Gartner.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013