Jakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebagai duet kaya pengalaman yang saling melengkapi dan memperkuat dalam menjalankan tugas.

Ganjar mempunyai bekal sebagai anggota DPR dan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, sedangkan Mahfud sosok yang kaya pengalaman di eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Dari ketiga capres-cawapres, sangat jelas terlihat Ganjar-Mahfudlah yang lengkap, penuh pengalaman, dan prestasi dalam tugas penyelenggaraan negara, baik di bidang eksekutif, legislatif, maupun yudikatif,” katanya dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis (1/2).

Hal itulah yang membuat dia optimistis Ganjar tidak akan kesulitan menghadapi Debat Keempat Pilpres 2024

Debat kelima tersebut akan mengangkat topik kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Baca juga: KPU umumkan nama 12 panelis debat kelima Pilpres 2024

Menurut Andreas, semua tema debat kelima sebagai penting karena berkaitan langsung dengan masyarakat.

“Menyangkut manusia, menyangkut pengembangan SDM, menyangkut pendidikan, kesehatan. Suatu bangsa akan maju dan berkembang kalau SDM-nya maju. SDM tumbuh dan berkembang kalau dia sehat, terdidik, menguasai teknologi, dan mempunyai pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Ia menilai aspek kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja merupakan poin penting dalam debat terakhir ini.

Dia optimistis Ganjar tidak akan kesulitan merespons pertanyaan, baik dari panelis maupun capres lain, terkait dengan topik itu.

“Ganjar dengan segudang pengalaman sejak sebagai aktivis mahasiswa, di DPR, dan dua periode gubernur sangat siap untuk tampil dalam debat kelima dan meyakinkan masyarakat bahwa dia adalah presiden rakyat,” kata dia.

Ia mengatakan tidak ada persiapan khusus Ganjar menghadapi debat kelima.

 Baca juga: KPU nilai debat terakhir akan lebih baik

Namun, katanya, bukan berarti Ganjar menganggap enteng. Ganjar lebih memperhatikan kondisi kesehatan agar siap saat debat pada Minggu (4/2) malam.

“Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, Ganjar tidak harus secara khusus menyiapkan diri. Yang penting adalah waktu istirahat cukup di tengah kesibukan kampanye, sehingga bisa berkonsentrasi penuh,” katanya.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Hindari debat publik, Jokowi tak mau lagi nilai debat capres-cawapres
Baca juga: Titi Anggraini: Jangan overdosis gimik politik

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024