Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum diwartakan Kantor Berita ANTARA pada hari Kamis (1/2) yang tampaknya masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. KPK sidik dugaan korupsi di anak perusahaan Telkom

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan telah memulai penyidikan kasus dugaan korupsi di anak perusahaan PT Telkom, PT Sigma Cipta Caraka (SCC) atau Telkomsigma.

"KPK telah menaikkan ke tahap penyidikan dugaan korupsi terkait dengan pengadaan barang dan jasa di PT SCC pada tahun 2017—2022," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

2. KPK tegaskan tetap proses perkara dugaan korupsi Eddy Hiariej

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tetap memproses dugaan korupsi terkait dengan mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej (EOSH) alias Eddy Hiariej usai putusan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa keputusan tersebut berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam forum bersama pimpinan komisi antirasuah, struktural penindakan, dan tim Biro Hukum KPK.

Selengkapnya baca di sini

3. KAI ingatkan Kejagung bekerja transparan skandal kasus timah

Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) Erman Umar mengingatkan kepada Kejaksaan Agung untuk bekerja transparan dan tidak pilih kasih dalam skandal kasus timah.

"Pak Jaksa Agung harus tegas sebab ini bakal terkait dengan kepercayaan publik. Kami penuh harap kepercayaan publik makin melambung dan tidak berhenti pada angka 80 persen," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini

4. Kejagung tetapkan mantan GM Antam tersangka di kasus Budi Said

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan mantan General Manajer (GM) PT Antam Abdul Hadi Aviciena (AHA) sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam penjualan logam mulia di Butik Emas Logam Mulia Surabaya 01 Antam.

Penetapan tersangka baru setelah Budi Said ini usai pemeriksaan saksi-saksi di Jampidsus, Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

5. KPK periksa anggota DPR Ribka Tjiptaning terkait korupsi di Kemnaker

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa anggota DPR RI Ribka Tjiptaning sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada tahun 2012.

"Saksi Ribka Tjiptaning selaku anggota DPR RI hadir dan dikonfirmasi antara lain kaitan mitra kerja antara Komisi IX DPR RI dan Kemnaker saat itu," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024