Natuna (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang berada di luar Ibukota Kabupaten Natuna.

Ketua KPU Natuna Kusnaidi di Natuna, Jumat mengatakan, kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Midai, Kecamatan Suak Midai, Kecamatan Serasan, Kecamatan Serasan Timur, Kecamatan Subi dan Kecamatan Pulau Panjang.

"Logistik yang kita distribusikan hari ini untuk enam kecamatan yang berada di luar Pulau Bunguran Besar dan pendistribusian menggunakan kapal Pelni," ucap dia.

Kata dia, kapal Pelni akan membawa logistik ke Kecamatan Midai dan Serasan.

Untuk ke Kecamatan Subi dan Pulau Panjang logistik akan dibawa menggunakan kapal barang.

"Untuk logistik di Suak Midai diturunkan di Pelabuhan Midai, sedangkan untuk logistik di Serasan Timur, Subi dan Pulau Panjang diturunkan di Pelabuhan Serasan, kemudian kita pindahkan ke kapal barang, karena Pelni tidak singgah di Subi dan Pulau Panjang," ujar dia.

Ia menyebut, pihaknya, personel kepolisian dan Bawaslu Natuna ikut mengantarkan logistik tersebut ke setiap sekretariat PPK.

Tujuannya adalah untuk memastikan logistik sampai dalam kondisi baik.

"Untuk komisioner ada satu orang, Pak Tomi dan staf kita juga ikut, selain itu PPK di setiap wilayah juga monitoring di pelabuhan," kata dia.
 
Lori pelni pembawa logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Natuna. (ANTARA/Muhamad Nurman)


Ia menyebut, dari gudang logistik KPU Natuna, logistik diangkut menggunakan tiga unit lori milik Pelni dan dibawa ke Pelabuhan Selat Lampa .

Ia mengaku sengaja mengirimkan logistik lebih cepat mengingat kondisi cuaca di Natuna dalam kondisi baik.

Untuk pendistribusian ke Kecamatan Pulau Laut dan kecamatan-kecamatan yang berada di Pulau Bunguran Besar akan dijadwalkan kembali.

Ia berharap pendistribusian berjalan dengan lancar.

"Cuaca saat ini lumayan baik jadi kita kirim, hal ini juga saran dari BMKG serta perintah KPU RI dan Provinsi," sebut dia.

Baca juga: Korem 132/Tadulako siap kawal distribusi logistik di daerah kepulauan
Baca juga: Polisi terjunkan 380 personel amankan Pemilu di perbatasan Timor Leste

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024