Biak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua memprioritaskan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke tujuh Panitia Pemilihan Distrik (PPD) wilayah Kepulauan Numfor dan Padaido/Aimando dengan menggunakan angkutan laut.

"Pengiriman logistik pemilu dijadwalkan pada H-6 untuk Panitia Pemilihan Distrik Numfor Timur, Numfor Barat, Poiru, Orkeri, Distrik Bruyadiori, Distrik Padaido dan Distrik Kepulauan Aimando," ujar Ketua KPU Biak Matheus G.Ronsumbre, di Biak, Jumat.

Ia mengakui, pengiriman logistik ke wilayah itu menggunakan kapal laut sehingga sangat bergantung dengan kondisi cuaca dan keadaan alam di perairan setempat.

Sedangkan distribusi logistik untuk PPD di 12 distrik di wilayah daratan Pulau Biak, lanjut dia, akan dikirim pada H-3 atau H-2 pemungutan suara Pemilu 2024 dengan menggunakan angkutan darat.

Ke-12 distrik daratan terdiri Distrik Biak Kota, Samofa, Yendidori, Biak Barat, Swandiwe, Biak Timur, Oridek, Biak Utara, Andey, Yawosi, Warsa dan Distrik Bondifuar.

Pada Pemilu 2024 rakyat akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPD, DPR RI serta DPR Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Berdasarkan data KPU, jumlah pemilih tetap Pemilu 2024 di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 101.536 orang yang terdiri dari 51.313 pemilih perempuan dan 50.223 pemilih laki-laki.

Pada Pemilu 14 Februari 2024 KPU Biak Numfor menyiapkan sebanyak 484 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 19 panitia pemilihan distrik, 257 PPS kampung dan 14 PPS kelurahan.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024