MoU ini untuk mengingatkan sekaligus sebagai benteng, karena pada prinsipnya panitia tetap harus mempertanggungjawabkan setiap penggunaan dana kepada publik,"
Palembang (ANTARA News) - Dana APBN untuk pelaksanaan Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, segera dicairkan menyusul telah rampungnya proses verifikasi oleh Dirjen Anggaran. 

"Dana ISG dari pos APBN segera turun karena pada Kamis (5/9) telah diverifikasi Dirjen Anggaran. Harapannya, pada Senin (9/9) sudah benar-benar diterima Sumsel," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Yuli Mumpuni Windarso seusai rapat koordinasi dengan Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (InaISGOC) Sumsel di Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, setelah dana tersebut dicairkan maka pihaknya akan membuat nota kesepahaman (MoU) beserta fakta integritas dengan panitia nasional dan panitia daerah untuk menghindari penyalahgunaan, mengingat terdapat beberapa item pengadaan tanpa melalui tender (penunjukan langsung).

Keputusan penunjukan langsung dalam tender ini lantaran Sumsel diberikan waktu yang singkat untuk persiapan, mengingat surat Keppres penetapan sebagai tuan rumah ISG dikeluarkan pada 29 Juli 2013.

"MoU ini untuk mengingatkan sekaligus sebagai benteng, karena pada prinsipnya panitia tetap harus mempertanggungjawabkan setiap penggunaan dana kepada publik," katanya.

Sebelum pencairan dana APBN itu, pemerintah telah lebih dahulu mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Nomor 50 tahun 2013, tentang tim asistensi percepatan persiapan peyelenggaraan ISG.

Tim bertugas melakukan asistensi dan fasilitasi kepada penyelenggara ISG, panitia pelaksana tingkat pusat dan daerah.

Selain itu juga memberikan masukan, saran, dan pertimbangan kepada pengelola anggaran APBN dan APBD," katanya.

Ia menjelaskan, dana APBN yang dialokasikan sebesar Rp131 miliar dan panitia daerah Sumsel mendapatkan bagian sebesar Rp79 miliar, sementara sisanya dikelola panitia pusat.

Sumsel selaku tuan rumah juga mengalokasikan sekitar Rp80 miliar dari APBD untuk perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam ini.

Sebanyak 44 negara telah memastikan ambil bagian dalam ISG edisi ketiga ini dengan mempertandingkan 13 cabang olahraga.

(KR-DLY/M033)

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013