Osaka (ANTARA News) - Penyerang CSKA Moscow Keisuke Honda tampil sebagai pemain pengganti untuk membawa Jepang menang 3-0 atas Guatemala pada pertandingan persahabatan yang dilangsungkan pada Jumat.

Honda, yang di awal pekan ini gagal pindah ke AC Milan, memasuki lapangan sebagai pemain pengganti saat babak kedua dimulai dan membuka kemenangan Jepang lima menit kemudian, dengan menanduk umpan silang Yuto Nagatomo ke tiang jauh, lapor AFP.

Pemain pengganti lainnya Masato Kudo kemudian menggandakan keunggulan Jepang pada menit ke-69, sebelum Yasuhito Endo menutup kemenangan Jepang melalui tendangan bebas pada menit ke-76.

"Pada babak pertama Guatemala sangat kompak dan tidak memberi kami banyak ruang," kata Honda. "Itu tidak mudah, namun pada babak kedua kami mampu menemukan celah-celah di pertahanan mereka dan mengeksploitasi mereka."

Jepang mendominasi babak pertama namun gagal memecah kebuntuan, bek Maya Yoshida mendapat peluang terbaik dengan melepaskan tembakan ke atas mistar gawang dari jarak dekat setelah kiper Guatemala Juan Jose Paredes gagal menangkap bola tendangan sudut di menit ke-40.

Honda hanya memerlukan sedikit waktu untuk menandai kehadirannya setelah menggantikan Hiroshi Kiyotake saat turun minum, ia mencetak gol setelah Nagatomo menaklukkan pengawalnya untuk mengirim umpan silang.

Kudo kemudian menyarangkan gol internasional keduanya, memasukkan bola ke gawang setelah Makoto Hasebe dan bintang Manchester United Shinji Kagawa bekerja sama untuk membuka pertahanan Guatemala.

Endo mencetak gol ketiga Jepang pada malam itu setelah terjadi pelanggaran terhadap Honda di tepi kotak penalti, yang dituntaskan Endo dengan sepakan yang melewati dinding pemain untuk kemudian mengecoh Paredes.

"Saya puas dengan banyaknya peluang yang kami ciptakan, namun saya akan lebih senang untuk mendapatkan lebih banyak gol," kata pelatih Jepang Alberto Zaccheroni.

Jepang berikutnya akan menghadapi Ghana pada pertandingan persahabatan di Yokohama.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013