Untuk bandara VVIP juga direncanakan pada awal Agustus sudah mulai bisa kita operasikan
Kabupaten Bandung (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bandara Very Very Important Person (VVIP) IKN ditargetkan mulai beroperasi pada awal Agustus tahun 2024 ini.

"Untuk bandara VVIP juga direncanakan pada awal Agustus sudah mulai bisa kita operasikan," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam dialog daring yang dipantau di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat.

Menurut Bambang, bandara tersebut dapat dipakai untuk menunjang konektivitas ke IKN.

"Kita lihat apakah commisioning, tes dan sebagainya bisa segera memenuhi kualifikasi dari International Civil Aviation Organization (ICAO) misalnya, sehingga nanti bisa kita pakai juga untuk menunjang konektivitas ke IKN," katanya.

Bandara IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, itu merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN. Bandara IKN berjarak 23 kilometer (km) dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan.

Baca juga: OIKN: Jalan Tol Akses IKN dapat persingkat waktu tempuh perjalanan

Baca juga: OIKN kaji 350 dokumen komitmen awal untuk kerja sama di Kota Nusantara


Sebagai informasi, pembangunan Bandara IKN resmi dimulai usai Presiden Joko Widodo bersama Menhub dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Bandara IKN pada November 2023.

Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat melayani pesawat penumpang sipil berbadan lebar seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur.

Pembangunan dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dimulai dari tahun anggaran anggaran 2023 sampai dengan 2024.

Pembangunan fasilitas sisi darat dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sedangkan pembangunan fasilitas sisi udara dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan, namun tetap modern serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Baca juga: OIKN ungkap pentingnya "Proof of Concept" mobilitas cerdas di IKN

Baca juga: OIKN: Keterlibatan investor domestik penting dalam pembangunan IKN


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024