Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Direktorat Jendral Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indra Maulana mengatakan bahwa pemerintah telah sepenuhnya memenuhi kewajiban pembagian Set-Top-Box (STB) kepada warga miskin untuk mendukung siaran televisi digital.

"Progres capaian sampai Desember 2023 adalah 1.788.309 STB yang sudah dibagikan ke rumah tangga miskin. Bantuan dari pemerintah itu angkanya sudah mencapai 1.357.178, dan sisanya berasal dari bantuan lembaga penyiaran swasta (LPS)," kata Indra di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Jumat.

Indra mengatakan bahwa kementerian terus berkoordinasi dengan lembaga penyiaran swasta yang berkewajiban membagikan STB kepada warga miskin mengingat LPS belum memenuhi target pembagian STB sementara program siaran digital sudah jalan.

Menurut dia, kementerian siap mengakomodasi warga miskin memperoleh STB agar bisa menikmati siaran televisi digital.

Baca juga: Bali terima 33.835 bantuan STB untuk migrasi siaran TV digital

Warga kurang mampu yang membutuhkan STB bisa menghubungi pusat layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengajukan permintaan bantuan.

"Kami buka layanan untuk permintaan STB lewat telepon dan juga masyarakat bisa meminta melalui pemda, karena yang lebih mengetahui kondisi daerah tentu pemda terkait. Tapi masyarakat bisa langsung menghubungi Kementerian Kominfo secara langsung di nomor 159 ya," kata Indra.

LPS berkewajiban memberikan bantuan 4.330.760 STB kepada warga tidak mampu. Namun, LPS hingga Desember 2023 baru menyalurkan 421.131 STB kepada warga tidak mampu.

Indra mengemukakan bahwa masalah itu ternyata tidak mengganggu pelaksanaan program siaran TV digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak 2 November 2022.

"Sampai saat ini tingkat penetrasi digital di seluruh wilayah Indonesia sudah mencapai 90 persen penetrasinya, sudah kembali seperti dari masa sebelum migrasi dari analog ke digital. Artinya program analog switch off sudah berjalan dengan sukses," kata Indra.

Baca juga:
74 persen masyarakat telah beralih ke TV digital
Buleleng tuntaskan penyaluran STBTV Digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024