Jakarta (ANTARA) - Skateboard rencananya akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara sebagai cabang olahraga ekshibisi.

Sekjen Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tb. Lukman Djajadikusuma menegaskan bahwa seluruh pertandingan olahraga harus ditingkatkan kualitasnya, terlebih cabang olahraga yang masuk dalam ekshibisi.

"Semua cabang olahraga ekshibisi, termasuk skateboard akan kita tingkatkan kualitas penyelenggaraannya, kami akan siapkan dukungan desain Look of The Games," ujar Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Medali yang diterima pun akan sama dengan yang digunakan pada pertandingan PON XXI."

Baca juga: Ketum KONI Pusat sampaikan perkembangan PON 2024 kepada Menpora Dito

Pembinaan olahraga skateboard saat ini berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB. Porserosi).

Skateboard Indonesia memiliki potensi yang baik, dan juga merupakan olahraga Olimpiade. Pada Asian Games 2023 Hangzhou, atlet Indonesia Sanggoe Darma Tanjung meraih medali perak.

Oleh karena itu, menurut Lukman penting memberikan atensi terhadap skateboard di multievent dalam negeri.

Sekjen PB. Porserosi Sandra Erawanto menjelaskan bahwa babak kualifikasi akan diselenggarakan akhir April 2024 dan paling telat awal Mei 2024, bertempat di SkatePark Cikarang.

Rencana usulan babak kualifikasi akan mempertandingkan enam nomor pertandingan, yaitu skateboard street putra dan putri, skateboard park putra dan putri, serta game of skate putra dan putri.

Baca juga: KONI Pusat perkenalkan IKN saat penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Ketum KONI Pusat: Persiapan PON 2024 sesuai rencana

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024