Ambon (ANTARA) - Komando Daerah Militer XVI/Pattimura mengajak masyarakat di Maluku untuk mewujudkan Pemilihan umum (Pemilu) damai 2024 dengan program Basudara Pattimura.

"Kami sebagai pihak kemananan tentunya berharap mari sama-sama kita menjaga kedamaian dan ketentraman, khususnya pada pelaksanaan pemilu mendatang. Tentunya kami juga berharap partisipasi aktif kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kedamaian ini," kata Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Syafrial, di Ambon, Maluku, Jumat.

Baca juga: Ratusan mahasiswa suarakan pemilu damai di Patung Kuda

Ia menyatakan itu saat memberikan ceramah kepada jamaah salat Jumat masjid raya Al Fatah Ambon Maluku. Kedatangan dia di Masjid Raya Al Fatah Ambon ini didampingi oleh jajaran pejabat utama Kodam XVI/Pattimura.

"Kami datang selain untuk menunaikan salat Jumat juga untuk bersilaturrahmi dengan imam besar masjid, pengurus, dan masyarakat Ambon," katanya.

Baca juga: Polisi terjunkan 576 personel jaga aksi di sekitar Patung Kuda

Ia bilang bahwa kesadaran akan nilai-nilai pancasila akan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap NKRI, menghargai kebhinekaan, Undang-Undang Dasar dan Pancasila.

Hal itu kata dia akan sangat penting bagi masyarakat supaya dapat menjaga keutuhan serta stabilitas negara dalam menghadapi kontestasi politik.

“Kita perlu memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat tentang situasi dan kondisi politik saat ini serta bagaimana masyarakat menyikapi serta memahami ideologi pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, ditengah persaingan kontestasi politik di negara ini," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur Sulsel berharap literasi digital ciptakan Pemilu Damai

Oleh sebab itu dia berharap seluruh masyarakat Maluku tak menyikapi perbedaan pilihan politik sebagai suatu hal yang perlu diperdebatkan. Sebaliknya kata dia perbedaan harus menjadi pemersatu bangsa.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024