Prakiraan cuaca tersebu  telah disampaikan kepada pihak terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  sebagai kesiapsiagaan bencana.
Balikpapan (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan sembilan daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat hingga hujan petir akhir pekan ini, atau pada Sabtu dan Minggu (3-4/2).

"Untuk itu, semua pihak harus waspada terhadap dampaknya antara lain banjir, jalan licin, sungai meluap, tanah longsor, dan pohon tumbang," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Henu Aulia Zuardi di Balikpapan, Jumat.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem
 
Prakiraan cuaca tersebut, kata dia,  telah disampaikan kepada pihak terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kaltim dan kabupaten/kota dimaksud, sebagai kesiapsiagaan bencana.
 
Sembilan daerah tersebut adalah Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Timur, dan Kabupaten Berau, hanya Kota Bontang yang diprakirakan hujan ringan.
 
Rinciannya adalah hujan petir di Samarinda diperkirakan terjadi pada Sabtu sekira pukul 20.00 Wita di enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan, sedangkan hujan ringan hingga sedang terjadi pada Sabtu siang di hampir semua kecamatan.

Baca juga: BMKG prakirakan Februari ini jadi puncak musim hujan di Lampung
 
Di Kota Balikpapan, pada Sabtu sekira pukul 17.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara, sedangkan hujan ringan di hampir semua kecamatan pada siang hingga pukul 23.00 Wita, dan Minggu pagi hujan petir di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara.
 
Hujan petir di Kabupaten Kutai Barat diperkirakan terjadi pada Sabtu sekira pukul 17.00 Wita dan 20.00 Wita di hampir semua kecamatan, hujan ringan hingga sedang mulai pukul 23,00 hingga Minggu pagi di hampir semua kecamatan, sementara hujan petir pada Minggu sekira pukul 08.00 Wita di Kecamatan Damai, Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, dan Sekolaq Darat.
 
"Di Kabupaten Kutai Timur, hujan ringan pada Sabtu pagi hingga Minggu dini hari diperkirakan terjadi di hampir semua kecamatan, namun ada juga yang mengalami hujan lebat hingga hujan petir, antara lain Kecamatan Kaliurang, Karangan, Kongbeng, Bengalon, Busang, dan Kaubun," katanya.

Baca juga: BMKG: Aktivitas sesar lokal timbulkan gempa dangkal di Alor
 
 
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024