Program Relawan Pajak menjadi sarana menimba ilmu perpajakan secara langsung
Medan (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) menyebutkan sebanyak 182 Relawan Pajak angkatan tahun 2024 segera bertugas membantu pemerintah memberikan edukasi tentang perpajakan kepada masyarakat.

"Program Relawan Pajak menjadi sarana menimba ilmu perpajakan secara langsung,” ujar Kepala Kanwil DJP Sumut I Arridel Mindra di Medan, Jumat.

Arridel melanjutkan para Relawan Pajak ini merupakan orang-orang terpilih yang diseleksi dari 338 mahasiswa.

Para relawan yang menjalankan Program Relawan Pajak Untuk Negeri (Renjani) ini juga diberikan serangkaian pelatihan demi mendapatkan ilmu perpajakan yang cukup untuk dibagikan kepada publik.

Terkini, pembekalan dan pelatihan Relawan Pajak Tahun 2024 diadakan di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I, Medan pada Kamis (1/2).

Para relawan diberikan beberapa materi oleh tim penyuluh pajak seperti pengisian SPT Tahunan 1770 SS dan 1770 S, pemadanan NIK-NPWP dan kemampuan berkomunikasi.

Baca juga: DJP Sumut I catat penerimaan pajak Rp27,78 triliun pada 2023

Baca juga: Pembayaran tunggakan pajak di DJP Sumut I capai Rp233,48 miliar


"Pemahaman mengenai perpajakan merupakan keterampilan penting," kata Arridel.

Dia pun berterima kasih kepada Relawan Pajak dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses perekrutan.

Arridel berharap kerja sama dalam kegiatan edukasi melalui pihak ketiga Relawan Pajak dapat semakin erat dan produktif sehingga hasilnya optimal, khususnya upaya peningkatan kesadaran perpajakan bagi masyarakat.

Sementara Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Sumut I Lusi Yuliani menyatakan bahwa perekrutan Relawan Pajak Tahun 2024 dilakukan melalui aplikasi bernama "Renjani".

Tahapannya, Lusi melanjutkan, mulai dari inisiasi, publikasi, pendaftaran, pelatihan dan "leveling test" hingga penandatanganan "code of conduct".

Dia menambahkan Relawan Pajak berasal dari sembilan "tax center" perguruan tinggi di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yakni di Universitas Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Pembangunan Panca Budi, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Politeknik Negeri Medan dan Universitas IBBI.

Relawan Pajak merupakan program Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang diselenggarakan serentak di seluruh unit kerja DJP di seluruh Indonesia.

Program itu sudah diselenggarakan sejak tahun 2017 dalam rangka edukasi perpajakan melalui pihak ketiga, yang bermitra dengan "tax center" berbagai perguruan tinggi dan melibatkan mahasiswa sebagai pesertanya.

Baca juga: Penerimaan pajak DJP Sumut I lampaui target dengan raup Rp26,3 triliun

Baca juga: DJP: Edukasi salah satu cara tingkatkan kesadaran pajak


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024