Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut dua proyek fisik pendidikan yakni pembangunan asrama mahasiswa Biak di Kota Jayapura dan gedung baru SMP Negeri 3 Biak Kota dibiayai dana otonomi khusus (Otsus) dalam proses penyelesaian akhir.

"Dipastikan pekerjaan fisik bangunan sudah di atas 70 sampai dengan 80 persen, ya kami harapkan pada bulan Februari bisa tuntas pembangunannya," ujar Kepala Disdikbud Biak Numfor Kamaruddin S.Pd dikonfirnasi di Biak, Sabtu.

Ia mengaku jika bulan ini tuntas pembangunan gedung asrama mahasiswa Biak di Kota Jayapura dan SMP Negeri 3 Biak Kota akan diresmikan Bupati Herry Ario Naap.

Pembangunan gedung fasilitas pendidikan yang dibangun Pemkab Biak Numfor sebagai implementasi visi misi Bupati Herry Naap mewujudkan Biak religius berkarakter dan berbudaya.

Baca juga: Pemkab Biak manfaatkan Dana Otsus Rp10 miliar bangun sekolah & asrama

Baca juga: Kemendikbudristek sediakan 200 beasiswa ADik untuk lulusan SMA Biak


Tujuan lain dibangun infrastruktur fasilitas pendidikan, menurut Kamaruddin, menjadi komitmen nyata bagi pemda untuk menyiapkan sarana pendidikan yang layak bagi generasi muda orang asli Papua menghadapi Indonesia Emas 2045.

Di era otonomi khusus dengan program pendidikan Papua unggul dan cerdas, lanjut dia, telah menjadi komitmen Pemkab Biak Numfor untuk menyediakan sarana prasarana pendidikan berkualitas.

Dengan sarana prasarana pendidikan yang layak, menurutnya, dapat memberikan kenyamanan bagi pelajar dan mahasiswa orang asli Papua untuk mewujudkan cita-cita menjadi generasi emas Papua 2045.

"Sejak 2021 sampai dengan 2024 secara bertahap Pemkab Biak Numfor meningkatkan kualitas fisik sarana prasarana pendidikan di berbagai kampung dan distrik," katanya.

Pembangunan dua fasilitas fisik pendidikan yakni asrama mahasiswa Biak di Kota Jayapura dan pembangunan gedung ruang kelas baru SMP Negeri dialokasikan dana Otsus Papua kurang lebih Rp10 miliar.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Baca juga: Disdik Biak gunakan dana Otsus Papua bangun gedung sekolah baru
.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024