Jakarta (ANTARA) - Google secara resmi memboyong fitur yang dikembangkannya bersama Samsung, yaitu "Circle to Search" ke ponsel pintar Pixel 8 series yang terdiri dari Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Sebelumnya fitur tersebut hadir perdana lewat ponsel kelas atas Samsung yaitu Galaxy S24 series pada saat diluncurkan di pertengahan Januari 2024 ini.

Kehadiran fitur Circle to Search di Pixel 8 series terkonfirmasi dari unggahan blog Google yang ditulis oleh Director Product Management Search Google, yaitu Alistair Pott.

Baca juga: Sejumlah ponsel pintar terbaik yang diagendakan meluncur tahun 2024

Ia menyebutkan fitur itu memungkinkan pengguna ponsel dari Pixel 8 series lebih mudah mencari apapun di ponselnya hanya dengan menggunakan gestur melingkar, menyentuh, dan menyorot tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

Dalam laporan Gizmochina, Jumat (2/2), beberapa pengguna Pixel 8 series diketahui sudah mulai menerima fitur tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh beberapa pengguna Pixel 8 series lewat forum diskusi Reddit, mereka menyebut tidak ada notifikasi pembaruan fitur di ponselnya namun fitur "Circle to Search" hadir begitu saja di ponsel mereka.

Karena hal itu, apabila anda pengguna ponsel Pixel 8 series dan ingin mengetahui apakah Circle to Search telah hadir di ponsel anda, maka anda bisa menekan lama tombol beranda atau bilah navigasinya.

Baca juga: Google ganti nama aplikasi Google Camera jadi Pixel Camera

Setelah itu pengguna bisa mencoba melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk elemen yang ingin dicari di layarnya.

Apabila sudah tersedia, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian khusus dari elemen yang telah terpilih di ponsel pintarnya.

Tidak hanya di mesin pencarian, fitur Circle to Search juga bisa menyelesaikan pertanyaan tentang elemen yang dilihat di media sosial.

Fitur Circle to Search membuat proses pencarian hal-hal tertentu dalam konten visual menjadi lancar dan nyaman.

Kehadirannya juga dapat memudahkan pengguna untuk melakukan tangkapan layar ke aplikasi Google untuk memanfaatkan Google Lens.

Baca juga: Motorola luncurkan ponsel Android baru saingi Google Pixel 8
 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024