Jakarta (ANTARA) - Pekan lalu Google meluncurkan Circle to Search untuk seri Pixel 6 dan Pixel 7a, di mana dalam pengumuman yang sama juga terungkap bahwa Circle to Search akan mendapatkan fitur terjemahan instan di masa depan.

Melansir Gsmarena pada Rabu (3/4), terjemahan instan tersebut kini tampaknya mulai diluncurkan melalui terjemahan sebaris, dengan teks terjemahan sepenuhnya menggantikan teks asli.

Adapun langkahnya sangat sederhana, pengguna cukup memanggil Circle to Search seperti biasa, lalu cukup ketuk ikon “Terjemahan” baru yang muncul di sebelah kanan bilah Google, dan itu semua diterjemahkan.

Baca juga: DeepL Pro siap hadir di Indonesia akhir Desember 2023

Seperti biasa dengan peluncuran Google, tidak jelas seberapa luas penyebarannya sejauh ini. 

Untuk langsung menggunakannya, pengguna mungkin perlu menggunakan aplikasi Google beta terbaru untuk Android, dan tentu saja harus memiliki salah satu dari beberapa ponsel yang mendukung Circle to Search - Google Piksel mulai dari Pixel 6 dan seterusnya, atau salah satu seri Samsung Galaxy S24, seri S23, Z Flip5, atau Z Fold5. 

Baca juga: Reddit mungkinkan pengguna terjemahkan unggahan ke delapan bahasa

Jika pengguna memilikinya dan belum mendapatkan fitur terjemahannya, peluncuran Google terkadang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diselesaikan.

Namun kabar baiknya adalah sekarang hal itu sedang dalam perjalanan. 

Baca juga: Aplikasi DeepL kini hadir dalam Bahasa Indonesia

Baca juga: Dosen FIB UI terbitkan buku praktik penerjemah beberapa teks


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024