KM Miola dari Simalungun menuju Samosir. Sekitar tiga kilometer dari titik awal pemberangkatan, kecelakaan itu pun terjadi, tepatnya di wilayah Tomok,"
Samosir (ANTARA News) - Kecelakaan kapal penumpang mewarnai Festival Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, bahkan dikabarkan empat orang penumpang dari salah satu kapal hingga saat ini belum ditemukan.

Kepala Pos Dinas Perhubungan Tomok, Kabupaten Samosir, Riduan Manalu, Minggu, melaporkan kecelakaan antara kedua kapal itu terjadi pukul 09.00 WIB yang melibatkan dua kapal yaitu KM Miola dan KM Tao Toba.

"KM Miola dari Simalungun menuju Samosir. Sekitar tiga kilometer dari titik awal pemberangkatan, kecelakaan itu pun terjadi, tepatnya di wilayah Tomok," katanya.

Menurut dia, empat orang yang hingga saat ini masih dalam pencarian adalah Aji (23) dan Sandi (20) yang keduanya dari Medan, Susiono (30) asal Tanjung Merawa dan Ujang (28) asal Lubuk Pakam.

Riduan menjelaskan pencarian korban hingga saat ini terus dilakukan. Hanya saja, pihaknya belum menjelaskan dengan rinci penyebab kecelakaan itu terjadi.

"Informasi yang kami dapat, buritan KM Miola tertabrak KM Tao Toba, lalu penumpang yang berada di buritan terlempar dari kapal," katanya menambahkan.

Pria yang juga menjadi panitia Festival Danau Toba ini menjelaskan KM Miola yang mengalami kecelakaan ini berkapasitas 100 penumpang, namun saat kecelakaan hanya membawa 85 penumpang. Untuk KM Tao Toba adalah kapal angkut.

"Ke-81 penumpang yang selamat langsung pulang. Mereka sedianya akan melihat festival ini, sedangkan empat penumpang masih ada sebagian yang dicari," katanya menegaskan.

Rencananya, Festival Danau Toba 2013 itu dibuka Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan Bupati Samosir Mangindar Simbolon.
(B016/E011)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013