PT Timah berkomitmen untuk menjadi perusahaan pertambangan yang menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk sepanjang 2023 berhasil meraih tingkat nasional dan internasional, sebagai bentuk komitmen perusahaan menjalankan bisnis pertambangan berkelanjutan.

"PT Timah berkomitmen untuk menjadi perusahaan pertambangan yang menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan selama 2023 PT Timah meraih berbagai penghargaan di tingkat nasional dan internasional bidang pengelolaan lingkungan, program pemberdayaan masyarakat, teknologi informasi, kearsipan, CSR, inovasi dan lainnya.

Beberapa penghargaan yang diraih PT Timah seperti Penghargaan International LACP Vision Awards 2022, IICD Corporate Governance Conference and Award ke-14 (Top 50 Middle Capitalization Public Listed Company (MID Cap PCLS) dengan praktik tata kelola perusahaan terbaik dalam kategori CG Best Overall), Asean Mineral Award 2023 (First Runner Up Best Practices in Sustainable Mineral Development katagori Mineral Distribution- Metalic).

Baca juga: PT Timah kantongi Proper Emas berkat pengelolaan lahan bekas tambang

Baca juga: Kebun karang PT Timah jadi destinasi wisata bawah laut Bangka


PT Timah juga meraih penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 yang dihelat oleh National Centre for Corporate Reporting (NCCR) pada November 2023.

PT Timah meraih Penghargaan Inovasi Keselamatan Penambangan dari Kementerian ESDM. PT Timah juga meraih Digitech Award 2023, Digital Technology & Innovation Award 2023 sebagai Best Digital Transformation 2023 (Mining Industries).

Tak hanya itu, PT Timah juga meraih penghargaan sebagai BUMN Pengelolaan Kearsipan berdasarkan Hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2022 dan Kualifikasi Akreditasi dari ANRI.

Dalam bidang Sosial, PT Timah meraih penghargaan Best CSR Award 2023 by The Iconomics, ESG Disclosure Transparency Awards 2023 dengan predikat Leadership AA, Tamasya Award 2023 (Penghargaan Kinerja Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)/Tambang Menyejahterakan Masyarakat (Tamasya) Award 2023 dalam kategori Monitoring dan Evaluasi Program Dengan Melibatkan Multipihak, Periode Penilaian 2022).

Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID juga meraih penghargaan di bidang lingkungan seperti 35 Penghargaan dalam Ajang ENSIA Award, Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023 (penghargaan kategori komitmen dalam pemanfaatan energi bersih), Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"PT Timah terus berkomitmen untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan seperti menjaga kualitas lingkungan hidup, menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan dan berkontribusi optimal bagi Bangsa dan Negara," demikian Anggi. 

Baca juga: PT Timah terbaik terapkan "Good Mining Practices"  di ASEAN 

Baca juga: PT Timah berikan kontribusi pajak dan PNBP Rp315 miliar di semester I

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024