Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 sebagai perwujudan nilai-nilai demokrasi.

"Pemilu ini momentum sangat penting bagi bangsa Indonesia, yang merupakan perwujudan nilai-nilai demokrasi, dan juga terutama menentukan arah masa depan bangsa," tegasnya di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan pemilu yang damai merupakan sebuah kerja besar yang memerlukan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, dan pemerintah sendiri juga telah senantiasa berkomitmen menjaga keamanan selama pemilu.

"Bersama-sama kita pastikan pemilu damai bukan hanya slogan, tetapi ikhtiar nyata untuk menciptakan atmosfer kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu," ajaknya.

Menurutnya pemilu yang damai merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali. Maka diharapkan kepada semua unsur yang terlibat melakukan kegiatan kampanye politik yang positif dan sehat.
 
"Kampanye yang dapat mengedukasi masyarakat agar semakin dewasa dalam berpolitik, untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dan mengawal pemilu supaya berlangsung aman, dan damai," jelasnya.
 
Lebih lanjut gubernur meminta para Bupati, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota se-Kalimantan Tengah benar-benar memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu, agar tak ada permasalahan yang terjadi, baik terkait TPS dan PPK maupun pendistribusian logistik dan jumlah logistik, serta lainnya.
 
Hal itu dia sampaikan dalam rangkaian kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan dipusatkan di area Bundaran Besar Palangka Raya.
 
Sementara itu sebagai pernyataan komitmen deklarasi pemilu damai juga dilaksanakan penandatanganan di atas bentangan spanduk oleh semua perwakilan organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan.
 
Penandatanganan tersebut diikuti pula oleh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, serta lainnya. Rangkaian kegiatan ditutup pengundian hadiah jalan sehat di antaranya 20 paket umroh dan ziarah rohani dari gubernur, enam unit sepeda listrik, serta lainnya.

Baca juga: Dubes: Suksesnya Pemilu 2024 tunjukkan kematangan demokrasi Indonesia
Baca juga: Polres Jaktim ajak warga wujudkan situasi yang aman jelang pemilu

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024