Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Bank DKI
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) menggandeng Perumda Pasar Tohaga dan PT Gemini Surya Pratama untuk meningkatkan layanan beli kios dan los di Pasar Rakyat Citayam demi kemudahan pembelian nasabah.

"Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Bank DKI dalam mendukung perekonomian lokal dan menyediakan layanan perbankan yang inklusif,” kata Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Henky Oktavianus kepada wartawan di Jakarta, Minggu.
 
Henky menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dan semakin mengembangkan sektor UMKM yang dibina Bank DKI melalui penyediaan pinjaman dan pembiayaan serta layanan perbankan yang dibutuhkan.
 
Besaran pembiayaan akan ditetapkan sesuai dengan evaluasi dari Bank DKI, yang bertujuan untuk memberikan dukungan fasilitas usaha efisien dan berkelanjutan.
 
Nasabah yang berkeinginan memperoleh fasilitas pembiayaan dapat mengajukan permohonan melalui PT Gemini Surya Pratama. Permohonan tersebut akan diteruskan kepada Bank DKI atau dapat pula diajukan secara langsung kepada Bank DKI.

Baca juga: Bank DKI hadirkan layanan pembiyaan syariah di Pasar Rakyat Citayam
 
"Selain mendukung pembangunan fisik pasar, juga memberikan solusi keuangan yang dapat mendorong pertumbuhan UMKM," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Henky menyampaikan kerja sama ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan Pasar Rakyat Citayam dan sekitarnya.
 
“Dengan menggabungkan keahlian PT Gemini Surya Pratama dan Perumda Pasar Tohaga, kami berharap dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM dan menggalakkan aktivitas ekonomi di wilayah ini,” harapnya.
 
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menegaskan Bank DKI senantiasa berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM sebagai pilar ekonomi yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
 
“Bank DKI senantiasa menghadirkan inisiatif dan program-program yang bertujuan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM,” ujar Arie.

Baca juga: Bank DKI gandeng perguruan tinggi demi perluas layanan perbankan
 
Bank DKI terus menegaskan komitmennya dalam mengembangkan sektor UMKM, salah satunya melalui program digitalisasi pasar yang menciptakan kemudahan bertransaksi bagi para pelaku usaha dan konsumen di wilayah ekosistem pasar dengan berbasis teknologi.
 
Program digitalisasi pasar, antara lain dengan menyediakan ekosistem pembayaran melalui aplikasi JakOne Abank, implementasi QRIS, hingga digitalisasi pembayaran di fasilitas lainnya dalam lingkungan pasar yang diharapkan dapat mendorong penerapan transaksi non-tunai.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024