Ambon (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap (OMB) Salawaku Polda Maluku kembali mengawal pengiriman logistik surat suara pemilu tambahan ke empat kabupaten di Maluku, yakni, Kabupaten Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Buru Selatan.

"Pengamanan distribusi logistik pemilu berupa surat suara tersebut sudah dilakukan sejak kemarin hingga tadi. Surat-surat suara itu dikirim menggunakan pesawat dari Bandara Pattimura Ambon," kata Kabid Humas Polda Maluku, Komisaris Besar Polisi M Roem Ohoirat, di Ambon, Maluku, Minggu.

Baca juga: KPU Jepara awali distribusi logistik pemilu ke Karimunjawa

Surat suara untuk KPU Aru dan Tanimbar dikirim menggunakan pesawat Wings Air. Untuk yang Aru yang dikirim berupa DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak satu koli 477 lembar dan Dapil 2 sejumlah satu koli 65 lembar.

Sedangkan untuk KPU Tanimbar yaitu DPR sebanyak satu koli berisikan 177 lembar, DPRD Kabupaten Dapil 1 sejumlah satu koli 77 lembar, Dapil 2 sebanyak satu koli 462 lembar dan Dapil 3 sebanyak 20 koli berisikan 10.109 lembar.

Baca juga: Gubernur Kepri gesa pengiriman logistik pemilu antisipasi musim hujan

Untuk KPUD Kabupaten Maluku Barat Daya surat suara yang dikirim yaitu DPD RI sebanyak 1 Koli berisikan 138 lembar, DPR RI sejumlah 1 koli 345 lembar, DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak satu koli 614 lembar, Dapil 2 sebanyak satu koli 157 lembar dan Dapil 3 sejumlah satu koli berisi 95 lembar.

Berbeda dengan tiga kabupaten tersebut, Kabupaten Buru Selatan dilakukan pengiriman menggunakan jalur laut yaitu KM Cantika Lestari 8F. Sebanyak dua koli surat suara pengganti surat suara rusak yakni DPRD Provinsi dan Kabupaten.

Baca juga: KPU: Pengiriman logistik pemilu untuk DPT sudah 100 persen

Pengamanan dan pengawalan dilakukan dari Ambon hingga Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru. Setelah itu pengiriman berlanjut melalui jalur darat hingga ke KPU Buru Selatan. "Surat suara DPRD Provinsi yang dikirim untuk Bursel sebanyak satu koli 283 lembar dan Kabupaten Dapil 1 sebanyak satu koli 60 lembar. “Selama pelaksanaan pengawalan dan pengamanan logistik suara berjalan aman dan lancar," kata dia.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024