Kunjungan jurnalistik yang dimaksudkan untuk menjalin silaturrahim antarwartawan kedua negara ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama bidang media seperti program magang bagi jurnalis Timor Leste di sejumlah media di Tanah Air maupun `transfer
Dili (ANTARA News) - Delegasi wartawan Indonesia melakukan dialog dengan wartawan Timor Leste dalam kunjungan jurnalistik ke Timor Leste, yang difasilitasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan tujuan mempererat hubungan kedua negara di bidang pengembangan kapastitas jurnalis dan media massa.

Ketua delegasi Selamata Sembiring yang juga direktur Layanan Informasi Internasional Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo di Dili Senin mengatakan kedua pihak diharapkan menghasilkan kerangka kerja sama yang dapat memperkuat hubungan kedua negara dari dialog tersebut.

"Kunjungan jurnalistik yang dimaksudkan untuk menjalin silaturrahim antarwartawan kedua negara ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama bidang media seperti program magang bagi jurnalis Timor Leste di sejumlah media di Tanah Air maupun `transfer of knowledge` (berbagi pengetahuan) tentang pengelolaan media," katanya.

Pengalaman Indonesia dalam pengelolaan media yang sudah lebih lama dari Timor Leste serta kebebasan pers yang dirasakan para pekerja media di Tanah Air di era demokrasi saat ini layak untuk dibagi melalui program kerja sama, kata Sembiring.

"Bagi Kementerian Kominfo, kunjungan jurnalistik yang diisi dengan kegiatan dialog dan liputan tentang sejumlah hal menarik yang terkait dengan Indonesia di Timor Leste diharapkan membangun kebersamaan antarpekerja media dan mempererat hubungan kedua bangsa, katanya.

Dalam kunjungan jurnalistik yang berlangsung mulai 9 hingga 12 September itu, para jurnalis Indonesia dijadwalkan melakukan dialog dan diskusi dengan perwakilan media massa Timor Leste. Dalam dialog itu, dua narasumber dari Indonesia, Rahmad Nasution yang mewakili wartawan senior ANTARA akan menyajikan paparan bertema "Building Bridge In Indonesia and Timor Leste`s Ties" dan Teguh Imawan yang mewakili Tenaga Ahli Kemkominfo menjajikan paparan bertema "Tantangan dan Peluang Media dalam Mempererat Hubungan RI-Timor Leste".

Para jurnalis Indonesia yang mengikuti kunjungan ke Timor Leste dan berdialog dengan para wartawan Timor Leste itu berasal dari Kantor Berita Antara, Kompas, RRI, TVRI, Media Indonesia, MetroTV, TV One, The Jakarta Post dan sejumlah media online.

Selain berdiskusi, agenda kunjungan jurnalistik itu juga mencakup audensi dengan Sekretaris Negara Urusan Komunikasi Sosial Timor Leste Nelio Isaac Sarmento, peliputan ke sejumlah lokasi bersejarah seperti Pusat Kebudayaan Indonesia, Taman Makam Pahlawan Seroja, peliputan ke beberapa Badan Usaha Milik Negara seperti Bank Mandiri, Merpati, Pertamina dan peliputan ke komunitas Indonesia di Kampung Alor, Dili.
(M020/Z003)

Pewarta: M Sunyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013