Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Kampanye Nasional Fanta (TKN) Arief Rosyid Hasan mengatakan dua calon presiden yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo meneladani sikap kenegarawanan Prabowo Subianto.

Hal tersebut terlihat lantaran banyak pernyataan Prabowo yang disetujui Anies dan Ganjar dalam debat capres cawapres kelima (4/2).

"Jadi, Mas Anies dan Mas Ganjar belajar dan meneladani sikap kenegarawanan Pak Prabowo itu," kata Arief saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin.

Menurut Arief, Prabowo kerap mengakui argumentasi Anies dan Ganjar dalam beberapa debat terakhir, bahkan tidak jarang Prabowo setuju dengan argumen kedua pasangan calon tersebut.

Sikap tersebut, kata Arief, melambangkan jiwa kenegarawanan yang mengedepankan persatuan, tanpa adanya saling menjatuhkan.

"Inilah teladan yang sempurna, yang harus diikuti anak muda bahwa di tengah persaingan situasi yang ketat, kita enggak boleh bawa ego pribadi, karena bagi pak Prabowo kekuasaan itu bukan segalanya, segalanya adalah persatuan bangsa," kata Arief.

Dengan sikap kenegarawanan ini, dia berharap kontestasi pemilu tahun ini bisa berjalan dengan damai tanpa ada gesekan antar kelompok masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024