Dana kreativitas ini kami serahkan bagi 580 ST se-Badung yang masing-masing diberikan dana kreativitas sebesar Rp20 juta
Badung (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Badung, Bali merealisasikan penyaluran dana bantuan kreativitas pembuatan ogoh-ogoh senilai lebih dari Rp11 miliar bagi sekaa teruna (ST) atau kelompok pemuda dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946.
 
“Dana kreativitas ini kami serahkan bagi 580 ST se-Badung yang masing-masing diberikan dana kreativitas sebesar Rp20 juta, atau mengalami kenaikan sebesar Rp5 juta dari tahun sebelumnya,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan pembangunan GIK UGM selesai pada April 2024
 
Ia mengatakan, pemberian bantuan dana kreativitas tersebut akan menumbuhkan rasa persatuan bagi para pemuda anggota sekaa teruna dalam melakukan kreativitasnya pada rangkaian Hari Raya Nyepi.
 
“Kami harapkan prosesi pelaksanaan Hari Raya Nyepi ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan pakem yang kami miliki yaitu Hindu Dresta Bali," kata dia.
 
Bupati Giri Prasta menjelaskan pihaknya mengarahkan para anggota kelompok pemuda se-Badung untuk tidak menggunakan bahan seperti styrofoam dan plastik dalam membuat ogoh-ogoh dan harus murni menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
 
“Kami mendorong sekaa teruna agar konsisten menggunakan dan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai media membuat ogoh-ogoh,” katanya.

Baca juga: Creative hub akan dibangun di IKN wadahi kreativitas industri kreatif
 
Selain itu, Pemkab Badung juga mensyaratkan kelompok pemuda yang telah menerima dana kreativitas agar dapat menggunakan bantuan tersebut untuk membuat ogoh-ogoh sendiri, bukan dengan cara membeli dari pihak lain.
 
"Untuk mengantisipasi adanya sekaa teruna membeli ogoh-ogoh, kami memiliki Sabha Yowana yang merupakan pengurus Kabupaten Badung yang ada sampai tingkat kecamatan dan desa akan melakukan kontrol ke lapangan. Kami juga memohon jajaran pengurus desa adat untuk ikut mengantisipasi hal itu sehingga betul-betul apa yang dibuat merupakan hasil karyanya sendiri,” ungkap Bupati Giri Prasta.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Gde Eka Sudarwitha menambahkan penyaluran dana kreativitas kepada ST se-Badung merupakan kebijakan Bupati Giri Prasta untuk mendukung kreativitas generasi muda melestarikan tradisi ogoh-ogoh maupun tradisi lainnya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah menyambut Hari Raya Nyepi.
 
"Oleh karena itu, guna memperkokoh kehidupan berbasis adat, mempererat persatuan pemuda dan meningkatkan kesadaran sekaa teruna dalam melestarikan budaya dan lingkungan, maka kami merealisasikan kebijakan penyerahan dana kreativitas kepada 580 sekaa teruna se-Badung dengan total anggaran Rp 11 miliar ini,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Siswa MAN 2 Lampung sukses konversi Vespa 2 Tak jadi motor listrik

Pewarta: Rolandus Nampu/Fikri Yusuf
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024