Mayoritas wisatawan berkunjung ke kawasan pantai, yakni lebih dari 90 persen
Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat kunjungan wisatawan selama Januari 2024 mencapai 248.844 orang dengan menyumbang pendapatan dari retribusi sebesar Rp460,68 juta.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Gunungkidul Supriyanta di Gunungkidul, Senin, mengatakan khusus kunjungan wisatawan pada 1 Januari 2024 ada sebanyak 42.803 orang dari total 248.844 wisatawan selama Januari 2024.

"Dari kunjungan tersebut, pendapatan retribusi yang diterima Pemkab Gunungkidul mencapai Rp460,68 juta," kata Supriyanta.

Ia mengatakan 248.844 wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul mayoritas masih memilih pantai sebagai destinasi wisata.

"Mayoritas wisatawan berkunjung ke kawasan pantai, yakni lebih dari 90 persen," katanya.

Sementara itu, Sub Koordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Dispar Gunungkidul Aris Sugiantoro mengatakan total pantai yang dimiliki Gunungkidul mencapai lebih dari 100 pantai dan menjadi destinasi favorit.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul: Pembangunan Kelok 18 percepat pertumbuhan ekonomi

Baca juga: DKP DIY sebut Pelabuhan Gesing Gunungkidul diresmikan Oktober 2024


Dia membenarkan angka kunjungan bulan Januari mencapai 248.844 orang. Namun demikian, lanjut dia, angka tersebut mengalami penurunan karena dampak Badai Tropis Anggrek yang terjadi di Januari.

“Siklon anggrek sangat berpengaruh terhadap jumlah wisatawan yang berkunjung, menurun. Tentunya itu juga berpengaruh terhadap para pelaku usaha pariwisata,” kata Aris.

Selain itu, dia menjelaskan kunjungan pariwisata dipengaruhi oleh promosi wisata yang dilakukan Pemkab Gunungkidul. Menurutnya, media sosial sangat efektif digunakan untuk menarik kunjungan wisatawan.

Persisnya sepanjang 2023, Kabupaten Gunungkidul dikunjungi 3.447.743 orang dan dari kunjungan tersebut pendapatan asli daerah mencapai Rp25,11 miliar.

"Khusus untuk kunjungan wisatawan ke pantai menyentuh angka 95 persen," katanya.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul dapat bantuan benih jagung untuk 17 ribu hektare

Baca juga: Dispar Gunungkidul buat panduan kunjungan wisata dampak Siklon Anggrek


Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024