Mari kita jaga bahasa dan Aksara Bali agar semakin mendunia
Bangli, Bali (ANTARA) - Pemerintah kabupaten Bangli Bali menggelar berbagai lomba guna meriahkan bulan bahasa Bali 2024 di kalangan siswa, bertujuan untuk melestarikan budaya di masyarakat.

"Peringatan Bulan Bahasa Bali -BBB- ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk pelestarian dan menumbuhkembangkan aksara, sastra, dan Bahasa Bali di tengah masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Bangli Wayan Sugiarta di Bangli, Senin.

Lomba-lomba tersebut dilaksanakan, 5 - 7 Februari 2024.
​​​​​​
Ada lima lomba yang di laksanakan dalam Bulan Bahasa Bali tahun 2024 kali ini, yang diantaranya Lomba mesatwa Bali yang diikuti Paiketan Krama Istri (PAKIS), Lomba Debat ber-Bahasa Bali yang diikuti oleh siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Bangli.

Selain itu, lomba membaca Lontar Aksara Bali, Lomba Menulis Aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Lomba Menulis Lontar Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Bangli.

"Tema tahun ini yakni, Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga, yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali," kata Wayan Sugiarta.
 
Bulan Bahasa Bali dilaksanakan di berbagai tempat, seperti Desa Adat, Desa Dinas, dan lembaga pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi, Lembaga Swasta, Perbankan, dan Lembaga-lembaga lainnya di Kabupaten Bangli.

Selain itu acara bulan bahasa Bali tersebut merupakan dasar pedoman masyarakat untuk menggunakan bahasa Bali pada kesehariannya.

"Mari kita jaga bahasa dan Aksara Bali agar semakin mendunia, dan kami sangat berharap dengan dibukanya Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli bisa melahirkan pikiran yang baik di kalangan masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Bangli, Wayan Sugiarta.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024