Situbondo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai mempersiapkan pendistribusian logistik pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 ke kecamatan setelah pengemasan logistik rampung pada hari Senin (5/2) ini.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di Situbondo, Senin, mengemukakan pengemasan logistik pemilu dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) sudah rampung.

"Semua logistik pemilu serentak 2024 yang seharusnya berada di dalam kotak suara, sudah selesai kami kemas ke dalam kota suara," ujarnya.

Marwoto menjelaskan logistik pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota yang sudah dikemas dan masuk ke dalam kotak suara terdiri dari surat suara, formulir C1 plano, C salinan, alat coblos, alat tunanetra, dan tinta.

Pada hari ini pula, katanya, KPU tengah mempersiapkan logistik di luar kotak suara, yakni tanda pengenal, daftar pemilih tetap (DPT) masing-masing TPS, daftar calon, dan alat tulis kantor.

Marwoto menargetkan pengemasan logistik pemilu di luar kotak suara selesai pada Selasa (6/2) besok karena hingga hari  sembilan kecamatan yang sudah rampung.

"Setelah logistik rampung, pada Sabtu, 10 Februari 2024 logistik mulai dikirim ke setiap kecamatan, selanjutnya pada H-1 bergeser ke gudang panitia pemungutan suara atau PPS," ujarnya.

Data KPU Situbondo menyebutkan sebanyak 2.015 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 136 desa/kelurahan di 17 kecamatan, sedangkan jumlah DPT sebanyak 514.814 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 248.852 jiwa dan pemilih perempuan 265.962 jiwa.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024