Jakarta (ANTARA) -
Masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024 telah memasuki hari ke-70, Senin (5/2), masih dimanfaatkan oleh ketiga pasangan calon melakukan kampanye akbar di sejumlah wilayah di Tanah Air dan menanggapi terhadap putusan DKPP.
 
Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin berbagi tugas kampanye di Sulawesi dan Pulau Jawa.
 
Adapun pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengisi kampanyenya di Sulawesi Utara dan Cikeas, Jawa Barat.
 
Sedangkan pasang nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkampanye di Bekasi dan ke Bangkalan-Yogyakarta.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.
 
Berikut rangkuman kegiatan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-70 kampanye.
 
 
Anies-Muhaimin
 
Anies menghadiri kampanye akbar Kotamobago, Sulawesi Utara, lalu menghadiri Desak Anies di Semarang.
 
Sedangkan Muhaimin, kampanye di Jawa Tengah dan DIY, mulai dari menghadiri pertemuan ulama lintas ormas di Sragen, silaturahmi dengan Ki Dalang Anom Suroto dan para budayawan di Solo, konsolidasi TPES 05 di Sukoharjo dan Slepet Imin di Kampus Amikom Yogyakarta.
 
Saat kampanye terbuka di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Anies mengusung slogan perubahaan.
 
Mantan Menteri Pendidikan itu juga menyampaikan program yang diusung olehnya, yakni peningkatan sektor pendidikan secara berkualitas, pemerataan pembangunan harus lebih baik, pengelolaan sumber daya alam secara optimal, penyerapan tenaga kerja.
 
Saat kampanye di Semarang, Anies mengatakan bahwa revolusi mental yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai gagasan yang baik, tetapi sejauh ini belum terlaksana dengan baik.
 
Selain itu, dia juga menegaskan bahwa negara jangan perhitungan dengan rakyatnya sendiri, apalagi dalam pengembangan pendidikan dan sumber daya manusia.
 
Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar saat kampanye di Sragen, Jawa Tengah, menegaskan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) berhutang kepada rakyat, bukan kepada oligarki.
 
Kemudian dalam pertemuan tokoh agama lintas ormas, Muhaimin menyatakan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah bersatu, dapat memenangkan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.
 
Saat kampanye di Kampus Amikom Yogyakarta, Muhaimin menyampaikan perlu kepedulian pemerintah untuk para pekerja kreatif di Indonesia.
 
 
Prabowo-Gibran
 
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dijadwalkan berkampanye di Sulawesi Utara, sementara calon wakil presidennya, Gibran Rakabuming Raka akan berkunjung ke Cikeas, Jawa Barat.
 
Saat kampanye di Sulawesi Utara, Prabowo mengaku bahwa setengah darahnya adalah berasal dari suku Minahasa. Kampanye akbar tersebut “Prabowo Menyapa Kampung Halaman”.
 
Di kampung halamannya itu, Prabowo berjanji akan membuat sekolah unggulan di Langowan, Minahasa, Sulawesi Utara terlepas dia akan memenangi Pilpres 2024 dan terpilih menjadi Presiden RI berikutnya atau tidak.
 
Prabowo juga menyampaikan akan melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediamannya di kawasan Cikeas, Jawa Barat.
 
Usai silaturahmi di Cikeas, Gibran melanjutkan kegiatan kampanye di wilayah Jakarta Selatan.
 
Gibran juga menanggapi soal keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menyatakan seluruh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersalah.

Wali Kota Solo itu menanggapi akan menindaklanjuti keputusan DKPP tersebut.
 
Selain itu, Gibran juga meminta untuk memastikan pemilih muda mau memanfaatkan hak suara alias tidak golongan putih (golput).
 
Ganjar-Mahfud
 
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo akan menemui para pemulung di Rumah Pemulihan Material (RPM) Waste4Change, Kota Bekasi, Jawa Barat.
 
Sementara itu, cawapres Mahfud MD mendatangi masyarakat kota Pasuruan di Jawa Timur untuk menghadiri Rembuk Rakyat di Stadion Untung Suropati Pasuruan, Bugulkidul, Pasuruan.
 
Selanjutnya, Mahfud berangkat menggunakan moda transportasi darat menuju Bangkalan, Madura, untuk bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (PP) Nurul Cholil.
 
Di Bekasi, Jawa Barat, Ganjar menanggapi soal keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memvonis Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari dan enam anggota lainnya atas melanggar kode etik, dapat menjadi pelajaran bagi demokrasi.
 
Masih di Bekasi, Ganjar meninjau pengelolaan sampah yang dilakukan di Rumah Pemulihan Material Waste4Change di Kota Bekasi.
 
Dari peninjauan ini, kata Ganjar, ada peluang besar untuk bisa menggerakkan ekonomi sirkular di Indonesia dengan meminimalkan sampah hingga menjadi nol.
 
Sementara itu, saat kampanye di Pasuruan, Mahfud menyatakan bahwa bantuan sosial (bansos) bukan milik orang-perorangan, melainkan kewajiban konstitusi negara untuk melindungi rakyat miskin.
 
Saat menghadiri kegiatan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sirrul Cholil, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Mahfud berpesan kepada para santri agar belajar dengan baik dan benar. Menurut dia, masa depan lulusan Ponpes kini lebih cerah sebab banyak lulusannya yang memiliki kompetensi dan berkiprah di berbagai level pemerintahan.
 
Ketika menghadiri acara Tabrak, Prof! di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Mahfud berjanji bahwa dirinya bersama calon presiden Ganjar Pranowo akan menghentikan modus mempailitkan badan usaha milik negara (BUMN) untuk mencegah membayar utang.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024