Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak masyarakat yang tengah mencari informasi lengkap terkait Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 untuk bisa mengakses sumber yang disediakan Pemerintah yaitu Pemiludamaipedia.

"Pemiludamaipedia ini adalah sumber informasi mengenai perhelatan Pemilu 2024," kata Budi dalam pernyataan resminya, Selasa.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa hadirnya Pemiludamaipedia, merupakan upaya Pemerintah memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang berkualitas seputar Pemilu 2024.

Baca juga: Kemenkominfo identifikasi belasan hoaks selama sepekan kampanye Pemilu

Dengan demikian, masyarakat bisa melihat informasi yang tepat sebelum menentukan pilihannya sekaligus juga mendapatkan edukasi dari sejarah umum Pemilu di Indonesia.

Budi juga meyakini langkah pemerintah tersebut sejalan untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang berintegritas, aman, serta jujur dan adil.

Apalagi saat ini masyarakat Indonesia dinilainya sudah memiliki kedewasaan politik sehingga Pemilu 2024 diyakini Budi bisa berjalan sesuai kampanye yang digaungkan Kementerian Kominfo yaitu Pemilu Damai.

"Kami yakin pemilu ini harus menjadi pemilu yang berintegritas, yang bisa memberi rasa aman, rasa jurdil," tegasnya.

Baca juga: Anggota DPR apresiasi Kominfo luncurkan e-book "Pemiludamaipedia"

Buku elektronik Pemiludamaipedia menyajikan berbagai informasi penting mengenai Pemilu di Indonesia.

Beberapa informasi menarik yang terkandung di dalamnya meliputi Sejarah Pemilu di Indonesia, Pelaksanaan Pemilu 2024, tata cara memilih dengan benar, mengenal partai dan kandidat yang berpartisipasi di Pemilu 2024, jumlah pemilih tetap, jadwal dan tahapan penyelenggaraan pemilu, kampanye pemilu, surat suara dan kelengkapan pemilu lainnya.

Ada juga informasi mengenai jumlah dan profil partai politik di Pemilu 2024, serta tempat pemungutan suara dan informasi lain.

Berupa buku elektronik, Kementerian Kominfo terus memperbarui Pemiludamaipedia yang merupakan live document sehingga informasi yang berada di dalamnya dapat sesuai dengan perkembangan dinamika yang terjadi di tengah masyarakat.

Selain sebagai sumber informasi, Pemiludamaipedia juga menghadirkan layanan chatbot "Ayo Memilih," yang memungkinkan masyarakat berinteraksi langsung.

Buku elektronik pemiludamaipedia dapat diakses melalui tautan https://s.id/pemiludamaipedia.

Baca juga: Kemenkominfo luncurkan buku elektronik Pemilu 2024

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024