Roma (ANTARA News) - Juara Piala Dunia empat kali Italia mengamankan satu tempat di putaran final 2014 di Brazil setelah bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang 2-1 atas Republik Ceko sekaligus menjuarai Grup B pada Selasa (Rabu WIB).

Tandukan Giorgio Chiellini dan eksekusi penalti Mario Balotelli pada awal babak kedua membatalkan gol pembuka yang dibukukan Libor Kozak pada menit ke-19 untuk tim tamu, dan membuat Italia mengoleksi 20 angka, unggul tujuh angka dari tim peringkat kedua Bulgaria dengan dua pertandingan yang belum dimainkan, lapor Reuters.

Gol kemenangan yang dibukukan Balotelli pada menit ke-54 menutup malam yang khas bagi sang penyerang, yang gagal memanfaatkan tiga peluang mudah pada babak pertama dan beruntung hanya dihukum kartu kuning atas pelanggarannya terhadap Tomas Sivok.

Pasukan Ceko yang dilatih Michal Bilek tidak beruntung karena tidak mampu mendapatkan setidaknya satu angka saat melawan tim asuhan Cesare Prandelli, ketika malam mereka berakhir pahit saat Daniel Kolar diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Balotelli pada menit terakhir pertandingan.

Hasil ini membuat Ceko tetap hanya mengumpulkan sembilan angka dan berada di ambang eliminasi. Mereka telah terpeleset ke peringkat keempat di bawah Denmark yang menang 1-0 atas Armenia dan mengoleksi 12 angka untuk unggul satu angka atas Bulgaria yang mengalahkan Malta 2-1.

Ceko harus memenangi dua pertandingan terakhir mereka, yakni saat bertandang ke Malta dan Bulgaria bulan depan untuk menjaga peluang lolos ke fase play off.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013