Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara sukses melakukan operasi transplantasi ginjal untuk keenam kalinya.

"Ini merupakan pasien keenam yang menjalani operasi cangkok ginjal di rumah sakit ini, sekaligus menjadi pasien yang pertama di 2024," ujar Manajer Hukum dan Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak di Medan, Selasa. 

Rosario mengatakan pasien yang operasi ginjal itu yakni laki-laki berinisial PS (36) warga Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang dilakukan di ruang Kamar Bedah Emergency (KBE) Gedung Instalasi Gawat Darurat RSUP HAM mulai pukul 07.30 WIB pada Senin.

"Diketahui pasien ini sudah menjalani terapi cuci darah atau hemodialisis selama lebih setahun sejak September 2022," tuturnya.

Rosario mengatakan operasi transplantasi ginjal ini dilakukan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Haji Adam Malik di bawah pendampingan dari tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta sebagai rumah sakit pengampu nasional layanan uronefrologi.

"Tim transplantasi ginjal RSUP Haji Adam Malik diketuai oleh dr Alwi Thamrin Nasution SpPD-KGH," katanya.  

Sedangkan, menurut Rosario tim transplantasi ginjal dari RSCM Jakarta beranggotakan sebanyak lima dokter spesialis yakni Dr dr Maruhum Bonar SpPD-KGH, Prof Dr dr Nur Rasyid SpU (K), dr Arry Rodjani SpU (K), dr Besthadi Sukmono SpAn-KAR, dan dr Sahat Matondang SpRad (K).

Sebelumnya, RSUP Haji Adam Malik melakukan operasi transplantasi ginjal terakhir kali pada 4 Desember 2023, setelah sempat vakum selama pandemi COVID-19.

Saat ini, kata Rosario pasien perempuan berusia 31 tahun asal Kabupaten Simalungun itu sudah menjalani rawat jalan secara rutin.

"Ke depannya, RSUP HAM berharap bisa melakukan operasi transplantasi ginjal secara mandiri," ucap Rosario.

Dia menambahkan transplantasi ginjal sendiri ditargetkan menjadi salah satu layanan tetap di rumah sakit kelas A ini dan berjalan secara terjadwal bagi para penderita gagal ginjal.

Baca juga: RSUP HAM jadi proyek rintisan "robotic telesurgery" di Indonesia barat

Baca juga: RSUP HAM Medan kembali lakukan operasi transplantasi ginjal

Baca juga: RSUP Adam Malik jadi penyelenggara lulusan Poltekkes Kemenkkes RI 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024