Caracas (ANTARA News) - Venezuela memelihara harapannya tetap hidup untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2014 untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Peru 3-2 di Puerto La Cruz pada pertandingan Pra Piala Dunia Rabu pagi WIB ini.

Peru yang pernah bertemu Venezuela untuk play-off ketiga Copa America 2011 yang dimenanginya, mesti menang demi menghidupkan peluangnya tampil di Brazil tahun depan.

Venezuela menempati peringkat enam pada klasemen Grup Amerika Selatan yang dihuni sembilan negara, dengan mengoleksi 19 poin dan menyisakan satu pertandingan lagi.

Posisinya itu tiga poin di bawah urutan empat Ekuador dan Uruguay yang berperingkat kelima. Kedua negara ini masih memiliki dua pertandingan sisa untuk dimainkan nanti.

Empat besar dalam grup ini berhak tampil di Piala Dunia, sedangkan peringkat kelima akan bertemu Yordania dari Asia dalam babak playoff untuk memperebutkan satu tempat lagi.

Tim tamu unggul lebih dulu pada menit 20 lewat Paolo Hurtado yang melewati hadangan bek Fernando Amorebieta, lalu menaklukan kiper Daniel Hernandez dengan satu tendangan menyusur ke bawah.

Venezuela menyamakan kedudukan pada menit 37 ketika striker Salomon Rondon memanfaatkan umpan matang gelandang Cesar Gonzalez di dalam kotak penalti yang diakhirinya dengan tendangan rendah ke dalam gawang.

Gonzalez lalu membawa tuan rumah berbalik unggul 2-1 pada menit 62 lewat titik penalti setelah bek Peru Carlos Zambrano didapati memegang bola.

Kapten Venezuela Juan Arango nyaris menciptakan gol, namun pemain pengganti Romulo Otero-lah yang menambah keunggulan menjadi 3-1 memanfaatkan umpan Yohandry Orozco dari sisi kanan lapangan.

Zambrano memperkecil kedudukan menjadi 2-3 hanya satu menit sebelum pertandingan usai.

Peru yang tak pernah lagi lolos ke Piala Dunia sejak 1982, tak pernah memenangi pertandingan tandang dalam 22 laga tandagnya selama sembilan tahun terakhir sejak menang 3-1 dari Uruguay di Montevideo pada 2004, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013